AMBON, Siwalimanews – Lewat Kebun Mutiara Pattimura, Kodam XVI Pattimura mengajarkan siswa taman kanak-kanak RA Almeera Islamic School Ambon berkebun dan menanam berbagai macam sayuran.

Didampingi Kepala Sekolah Yuli Tuasikal dan para guru, anak-anak TK dikenalkan secara langsung berbagai macam sayur dan tanaman yang ditanam dikebun Mutiara Pattimura.

Kopda Sugiarto didampingi pe­nyuluh pertanian Kelompok Kebun Mutiara Pattimura Rasyanto me­nyambut baik kedatangan sahabat cilik RA Almeera Islamic School Ambon tersebut.

“Melalui edukasi ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap budidaya tanaman yang mana hal ini sesuai dengan program pemerintah yaitu merdeka belajar, menum­buhkan jiwa wirausaha anak melalui bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan lain-lain, kata Kopda Sugiarto.

Ia mengaku berkebun adalah sarana yang sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup dan anak akan mengamati secara langsung cara kerja alam.

Baca Juga: Pangdam: Akhir Tahun tak Boleh Lagi Terjadi Konflik

“Pada saatnya anak-anak akan belajar mencintai tanaman mereka dan menghargai kehidupan didalam­nya,” katanya

Ditempat yang sama penyuluh pertanian Kelompok Kebun Mutiara Pattimura Rasyanto menjelaskan kebun ini merupakan perkebunan prototype dari kegiatan kerja sama Kodam XVI Pattimura dengan Dinas Pertanian dan Unpatti dalam hal pengembangan tanaman holti­kulutra diantaranya kacang panjang, pare, tomat, cabe dan terong ditanah seluas 2 ha.

“Ini dilakukan juga untuk men­dukung program kedaulatan pang­an” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah Yuli Tuasikal mengucapkan terima kasih kepada pihak Kebun Pattimura khususnya Kodam XVI Pattimura yang berkenan menerima dan mengijinkan anak muridnya belajar secara langsung tentang cara berkebun, jenis-jenis sayur mayur, pembibitan hingga pemanenan.

“Mengenalkan cara berkebun kepada pada anak, akan lebih ber­manfaat jika berinteraksi langsung dengan alam dan ekosistemnya,” terangnya.

Ditempat terpisah, Kolonel Czi Ahmad Yusa, Pamen Ahli Bidang Sishanneg Sahli Pangdam XVI Pattimura selaku koordinator meng­ungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut.

“Kami berterima kasih atas kun­jungan dari RA Almeera Islamic Scho­ol Ambon, harapannya Kebun Mutiara Pattimura ini dapat membe­rikan edukasi dan pengalaman baru bagi anak-anak,” ujarnya. (S-09)