AMBON, Siwalimanews – Menginisiasi keamanan dan ketertiban di Maluku, Kodam XVI Pattimura mengagas pertemuan bersama dengan forkopimda, tokoh agama, toko masyarakat, akademisi untuk mencari solusi pencegahan konflik.

Pertemuan ini untuk membuka kran komunikasi dan ajang silaturahmi antara seluruh intansi pemerintah dengan masyarakat, sehingga langkah penyelesaian masalah di daerah dapat diselesaikan.

Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa mengatakan, pertemuan santai dan terbuka itu diharapkan dapat menelurkan berbagai ide segar terkait penyelesaian masalah di Maluku.

Jenderal bintang dua itu mengaku saat ini konflik yang terjadi antara Pelauw dan Kariu mulai dari membangun sinergitas komunikasi, permasalahan kendala di lapangan, hingga strategi langkah penanganannya.

“Saya berharap akhir tahun ini dapat menyongsong tahun yang lebih baik dan konflik-konflik serupa tidak terjadi lagi,” tegas Pangdam di Makodam XVI Pattimura.

Baca Juga: Angin Kencang Hantam Gazebo Bandara Pattimura

Olehnya itu ia juga menghimbau kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda supaya dapat menjadi penyambung lidah pada setiap kebijakan pemerintah untuk sampai kepada masyarakat.

“Kenapa ini penting, agar informasi, berita dan kebijakan tersebut utuh dan lengkap tanpa distorsi atau kesalahpahaman yang mengakibatkan munculnya berita hoax,” ingatnya di Makodam Pattimura belum lama ini.

Orang nomor satu di Kodam Pattimura ini juga mengapresiasi kedua raja baik itu Kariu dan Ori dalam penyelesaian konflik sehingga terus berjalan hingga saat ini baik itu rekonsiliasi, rekontruksi dan rehabilitasi.

Dalam kesempatan yang sama juga diisi dengan sosialisasi wasbang oleh Ketua LPM IAIN Ambon, Abidin Wakano tentang penguatan karakter kebangsaan dalam menangkal bahaya radikalisme dan memperkokoh pertalian sejati hidup orang basudara.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama antara Pangdam XVI Pattimura dengan seluruh peserta. Turut hadir, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes, Penjabat Ketua DPRD Maluku M. Sairdekut, Danlantamal IX Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Kajati Maluku, Ketua Pengadilan Tinggi dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku.

Hadir pula Kepala Bakamla Zona Maritim Timur, Danlanud Pattimura Ambon, Kepala BNN, Kepala Basarnas, Kakanwil Kemenag Maluku, Rektor Unpatti, Rektor IAIN, Rektor UKIM, Kepala Bea Cukai, dan masih banyak lagi tamu undangan lainnya. (S-09)