AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa meninjau rumah dinas purnawirawan TNI AD yang berlokasi di Asmil Bentas, Sabtu (23/07).

Ini merupakan kunjungan kerja beliau memenang tongkat komando sebagai orang nomor satu di kodam XVI Pattimura.

Sebelumnya Mayjen Ruruh melakukan kunjungan kerja perdana ke Mapolda Maluku, Jumat (22/7). Kedatangan Jenderal bintang dua Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif di ruang kerjanya.

Saat meninjau rumah dinas, Pangdam bertemu dengan pejabat- pejabat yang menempati rumah dinas di lingkungan tersebut, seperti para Waka, Kakumrem dan para Pasi Korem.

Sembari meninjau, Pangdam berbincang mengenai tipe-tipe rumah dan fasilitas yang berada di Asmil Bentas.

Baca Juga: BPJN Bangun Jembatan Darurat di Seram

“Apapun yang kita terima sebagai tentara ini patut kita syukuri, termasuk diberikan fasilitas rumah dinas oleh negara. Dengan rumah ini kita bisa berkumpul bersama keluarga, bisa bernaung” kata Pangdam disela- sela peninjauan.

Pangdam juga berpesan agar rumah dinas tersebut dapat terus dirawat dan dipelihara kondisinya.

“Dengan begitu, kita akan merasa nyaman menempati dan ini adalah sarana pembinaan keluarga yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas,” lanjut Pangdam.

Menyapa Warga

Sembari berolahraga, Pangdam bertemu dengan Serda (Purn) Jimmy, yang pensiun pada tahun 2000 silam. Kini pria tersebut telah memasuki usia 75 tahun, Minggu (24/7).

Pangdam pun sempat menanyakan rahasia sehat dan bugar Serda (Purn) Jimmy. “Apa resepnya ini pak Jimmy? Di usia 75 tahun masih bugar, masih fit beraktivitas” tanya Pangdam.

Pria yang dulu berdinas di Bekangdam itu pun menjawab, “Siap Jenderal, kami senang beraktivitas, bergerak dan berolahraga seperti jalan kaki ataupun jogging ringan” kata Serda (Purn) Jimmy. Pangdam pun tersenyum kagum, sambil mengacungkan kedua jempolnya.

Pangdam kemudian melanjutkan jalan santainya dan menyapa masyarakat yang berjumpa dengan beliau di jalan. Masyarakat pun tampak antusias menyambut dan menyapa orang nomor satu di Kodam XVI/ Pattimura tersebut. “Selamat pagi pak” kata salah seorang warga.

Bertemu Kapolda

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa melalukan lawatan kerja pertamanya ke Mapolda Maluku, Jumat (22/7).

Kedatangan Jenderal bintang dua di Kodam XVI/Pattimura disambut oleh Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif di ruang kerjanya.

Dalam silaturahmi tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Kapolda beserta jajaran sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di Maluku.

“Terima kasih atas sambutannya yang begitu hangat. Sebagai pejabat baru kedatangan saya hari ini untuk bersilaturahmi, mengawali dinas saya di Maluku. Saya berharap kedepannya jalinan dan sinergitas TNI dan Polri semakin solid. Kodam XVI/Pattimura siap mendukung Polda Maluku dalam setiap tugas apabila dibutuhkan” ujar Pangdam.

Selain bersilaturahmi antar dua instansi, Pangdam juga menerima paparan dari Kapolda terkait situasi wilayah hukum Polda Maluku. Silaturahmi kemudian diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Pangdam kepada Kapolda, dan sebaliknya dilanjutkan dengan foto bersama.

Dalam kunjungan perdana Pangdam, sejumlah pejabat turut hadir mendampingi, diantaranya Wakapolda Maluku, Brigjen Jan de Fretes, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Asops Kasdam XVI/Pattimura dan Asintel Kasdam XVI/Pattimura.

Disambut Warga

Sebelumnya kedatangan Pangdam Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa disambut warga Kodam XVI/Pattimura.

Kedatangan Pangdam bersama istri Indah Ruruh disambut pengalungan kain tenun adat dan buket bunga oleh Kasdam XVI/Pattimura dan Istri. Selanjutnya Pangdam menerima laporan dari pos jaga dan hormat jajar, serta tarian Cakalele khas Maluku.

Memasuki loby Makodam, Pangdam XVI/Pattimura mengikuti tradisi penerimaan dengan penciuman pataka Kodam XVI/Pattimura dan penandatanganan buku korps raport.

Setelah prosesi cium pataka dan tanda tangan buku korps raport, Pangdam menuju ruang Yudha untuk menerima paparan. Setelah selesai menerima paparan, Pangdam dan istri kemudian turun ke lobby untuk mengikuti tradisi pengukuhan Indah Ruruh sebagai ibu Raksakarini Sri Sena atau ibu Asuh Kowad.

Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arh. Adi Prayogo mengatakan bahwa rangkaian tradisi penerimaan pangdam baru ini masih berlanjut.

“Setelah ini masih dilaksanakan apel bersama perdana, dan nanti malam dilanjutkan lepas sambut Pangdam lama dan Pangdam baru di tapal kuda” terangnya. (S-07)