AMBON, Siwalimanews – Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, membuka serbuan vaksin yang digelar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Rabu (23/2).

Tak hanya melibatkan Kodam Pattimura dalam hal ini Kesdam, namun pelaksanaan vaksin juga menggandeng  PT Pelindo IV dan Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1A Ambon.

Pangdam dalam sambutannya, terus menekankan agar masyarakat selalu patuhi protokol kesehatan dan mengejar target vaksin untuk mencapai herd immunity di Maluku dan Maluku Utara.

Serbuan vaksin ini juga merupakan perintah Presiden dalam rangka mencegah penularan Covid kepada seluruh lapisan masyarakat, serta untuk menegakkan protokol kesehatan, khususnya disiplin memakai masker.

“Saya mengapresiasi kepada rekan-rekan semua yang telah merealisasikan serbuan vaksin ini, karena pelabuhan merupakan center of gravity, salah satu pintu gerbang keluar masuknya masyarakat ke wilayah Maluku, dan ini sangat mempengaruhi lajunya penyebaran Covid. Hari ini, dengan vaksinasi dan disiplin memakai masker, kita tekan penularan Covid di lingkungan pelabuhan,” tandas Pangdam.

Baca Juga: Avansa Vs Mio, Pengendara Mio Tewas Ditempat

Pangdam juga menghimbau agar pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan sesuai prosedur protokol kesehatan, sehingga tidak menimbulkan kerumunan yang justru menjadi peluang terhadap resiko tertular virus Covid.

“Terus kita capai Ale Sehat , Beta Sehat dan Katong Samua Sehat,” ucap Pangdam.

Plt Kepala Kantor KSOP Kelas I Ambon Ferra Juliana Alfaris pada kesmepatan itu menyampaikan terima kasih kepada Pangdam Pattimura yang telah memprakarsai kegiatan serbuan vaksin di Pelabuhan Ambon.

“Dengan adanya Covid-19 sangat mempengaruhi aktivitas kita, khususnya masyarakat maritim di Pelabuhan Ambon, dengan kegiatan ini kami sangat mengharapkan, pelabuhan dapat bersih dari Covid-19, khususnya varian Omicron,” ujarnya.

Adapun jumlah dosis vaksin yang disediakan hari ini mencapai 800 dosis vaksin jenis Pfizer dan akan terus ditambah hingga pekerja dan masyarakat sekitar pelabuhan semuanya tervaksinasi.

Tak hanya dihadiri oleh Pangdam, namun beberapa pejabat turut serta dalam kegiatan tersebut, diantaranya Irdam Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw dan para PJU Kodam Pattimura serta pejabat Polri dan unsur pemda. (S-07)