AMBON, Siwalimanews – Sempat mengalami keru­sakan di perairan Tabarfane, Kepulauan Aru Sabtu (11/9). KM Jervai akhirnya berhasil ditemukan Tim Sar Gabu­ngan, 42 penumpang dieva­kuasi.

Kapal jenis kayu ini awal­nya dilaporkan mengalami kerusakan dari keluarga salah satu korban.

Usai mendapat informasi Tim SAR gabungan yang melibatkan Basarnas Unit Siaga SAR Dobo, Polairud Polda Maluku dengan meng­gunakan KP 3002 Teluk Ambon milik Polairud bertolak dari Pelabuhan Dobo dan berhasil menemukan KM Sabtu (11/9). Jervai pada Jarak kurang lebih 26 NM, dan heading 222,92° arah Barat Daya dari Pelabuhan Dobo.

“Dilaporkan awal kapal jenis kayu tersebut meng­angkut sekitar 100 orang berangkat dari Desa Drejol menuju Kota Dobo, namun setelah dilakukan pengecekan oleh Tim SAR gabungan, data mani­fes penumpang hanya ber­jumlah 42 orang saja,” ungkap Kepala Kantor SAR Ambon, Mustari dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Minggu (12/9).

Pasca di temukan, pihaknya lalu mengevakuasi 23 orang penumpang yang terdiri dari wanita dan anak-anak, semen­tara 19 penumpang lainnya menunggu kapal diperbaiki.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes Capai 95 Persen

“Tim memberikan bantuan berupa Accu cadangan untuk dipergunakan dalam perbaikan kapal, sementara 23 penumpang perempuan dan anak kita evakuasi lebih dulu.  Setelah kapal berhasil diperbaiki, kapal melanjutkan perjalanan kembali menuju Kota Dobo dengan membawa 19 penumpang lainnya,” tuturnya sembari menambahkan, dengan ditemukannya korban dalam kondisi selamat maka operasi SAR resmi ditutup. (S-45)