AMBON, Siwalimanews – Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Roby Sapulette mengakui setelah sebelumnya dijadikan lahan parkir liar, sekarang areal depan MCM telah steril dan tidak ada lagi kendaraan roda dua berada di situ.

“Sudah tidak ada yang parkir lagi, itu kan parkir liar. Jalan itu tidak boleh diparkir itu harus bebas,” kata Sapulette kepada Siwalima melalui telepon seluler, Minggu (18/10).

Diakuinya, penertiban lokasi tersebut bertujuan untuk keselamatan masyarakat, namun menurutnya masyarakat masih saja belum menyadari hal tersebut.

“Begini itu kan memang dari dulu tidak boleh parkir disitu, hanya saja masyarakat di Ambon ini kan malas. Tidak mau cape tidak mau jalan turun dari kendaraan langsung masuk ini nggak bisa seperti itu. Udah nggak bisa lagi. Sudah disediakan ruang parkir, parkir sesuai ruang parkir yang sudah disediakan, iya to itu ditertibkan itu,” jelasnya.

Ketika disinggung adanya kongkalikong antara pihak Pemkot dengan pengelola, Sapulette dengan tegas membantah tudingan tersebut, dan mengungkapkan pihak pengelola tak memiliki hak untuk mengijinkan pengunjung parkir di lokasi tersebut.

Baca Juga: Dishub Masih Berlakukan Parkir di Depan MCM

“oh nggak bisa, nggak boleh pihak MCM larang, MCM tidak punya kewenangan di badan jalan. Itu kewenangan negara karena itu jalan negara. Jalan itu kewenangan ada pada pemerintah dalam hal ini balai jalan. Itu nggak bisa itu harus ditertibkan di kosongkan,” tudingnya.

Dirinya mengungkapkan apabila masih kedapatan pengunjung yang menggunakan lokasi tersebut untuk memarkirkan kendaraan, pihaknya akan memberi sanksi tegas agar jerah dan tidak menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir.

“Penindakan nanti kita gembosi kendaraan itu aja kan kendaraannya digembosi kalau tiap hari parkir juga digembosi juga repot,” tandasnya.(Mg-6)