DOBO, Siwalimanews – Diduga akibat hubungan arus listrik, KM Arta Mina 11 ludes terbakar di perairan Kolambandar Kota Dobo, Jumat (15/7).

Informasi yang berhasil dihimpun Siwalimanews di lokasi kejadian, diketahui sekiitar pukul 11.15 WIT  KM Arta Mina 11 (kapal jaring tampung) yang sementara berlabuh di kawasan Kolambandar Dobo dengan posisi : 5° 45′ 925″ S. 134° 14′ 954 E, tiba-tiba terbakar.

Kebakaran itu awal dilihat oleh Nahkoda KM Arta Mina 22 Abing saat sedang berjalan menuju buritan kapal dan melihat cerobong kapal naas tersebut terbakar.

Melihat kejadian tersebut, Abing spontan meneriaki seluruh ABK yang berada di KM Arta Mina 22 dan perintahkan salah satu ABK-nya bernama Galang untuk mengambil parang dan memotong tali jangkar dan tali sandar KM Arta Mina 11 yang terikat di bolder KM Arta Mina 22.

Saat itu juga Galang meneriaki seluruh ABK KM Arta Mina 11,  bahwa kapal mereka alami kebakaran di cerobong. Mendengar teriakan Galang, 26 ABK termasuk nahkoda KM Arta Mina 11 melompat  sebagian kelaut dan sebagian berhasil melompat ke atas KM Arta Mina 22.

Baca Juga: 3 Jenis Makanan yang tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Durian

Tepat pukul 12.00 WIT enam personel gabungan dari KPLP, Pos SAR Aru dan KP3 Dobo menuju titik lokasi KM Arta Mina 11 yang terbakar dengan menggunakan speed boad KPLP dari Pelabuhan Yos Soedarso Dobo.

30 menit kemudian, tim gabungan mengarahkan KM Arta Mina 22 yang mengangkut ABK kapal naas tersebut menuju Pelabuhan Yos Soedarso Dobo untuk dimintai keterangan.

Hingga saat ini, ABK KM Arta Mina 22 dan Arta Mina 11 bersama tim SAR gabungan masih melakukan pemadaman dan evakuasi bangkai kapal dan para ABK menuju pelabuhan. Ampai pada berita ini dipublikasikan, belum ketahui kepastian terjadinya kebakaran yang menghanguskan kapal tersebut. (S-11)