AMBON, Siwalimanews – Ketua MUI Maluku, Ustad H Abdullah Latuapo mengatakan, ibadah Ramadhan dan momentum Idul Fitri ini, hendaknya dijadikan dimensi untuk mem­perbaiki diri baik secara vertikal kepada Allah SWT dan horizontal kepada sesama ma­nusia.

Hal ini diungkapkan Latuapo dalam ceramah Idul Fitrinya bersama keluarga besar Kodam XVI/Pattimura khususnya yang berada di kompleks perumahan dan masyarakat sekitar, Senin (2/5).

Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah untuk pertama kalinya diadakan lagi di halaman Makodam selama masa pandemi Covid 19, namun dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Latuapo berpesan, selesai Idul Fitri seluruh jamaah hendaknya melapangkan dada dan saling memaafkan sehingga dosa-dosa terhapus seperti bayi yang baru lahir.

Terakhir dirinya juga meng­himbau untuk melaksanakan perintah Pangdam XVI/Pattimura, untuk menjadi prajurit perekat dan pelindung Bangsa demi menjaga persatuan dan kesatuan. Mutiara Pattimura, senantiasa hadir untuk mewujudkan kebersamaan dalam kebhinekaan yang dilandasi saling menghormati dan mengasihi satu sama lain.

Baca Juga: Diskominfo: Baru Dua Daerah Yang Siap

Usai Sholat Id, keluarga besar Kodam XVI/Pattimura melaksanakan Halal Bihalal dengan Pangdam XVI/Pattimura beserta Ketua Persit KCK Ny.Selly Tampubolon dan jajaran di Lapangan Tennis Indoor Tapal Kuda.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dalam sambutannya mengatakan, “Sebagai pribadi, keluarga dan Pangdam XVI/ Pattimura,  saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura dan keluarga yang beragama Islam,” ujar pangdam.

Pangdam berharap, Halal Bi Halal Idul Fitri tahun ini untuk dijadikan ajang mempererat silaturahmi dan memantapkan jiwa korsa seluruh personel Kodam XVI/Pattimura, untuk bertugas lebih profesional dan inovatif ke depan.

Selain itu, lanjutnya, seyogyanya Idul Fitri dijadikan momentum introspeksi diri dan menggali nilai-nilai silaturahmi, membuka hati dan saling memaaf­kan, untuk lebih meningkatkan hubungan persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam XVI/Pattimura.

“Saya berharap agar momentum Halal Bihalal ini tidak hanya sekedar menjadi acara seremonial, saling berjabat tangan dan saling memaafkan, tetapi agar lebih dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sikap disiplin, pengendalian diri, kepedulian sosial, soliditas, solidaritas, serta pemantapan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, ujar Pangdam.

Pada kesempatan akhir, Irdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin selaku Ketua Panitia Acara Sholat Idul Fitri dan Halal Bihalal, melaporkan pelaksanaan kegiatan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Halal bihalal diakhiri dengan berdiri berjajar, saling maaf memaafkan tanpa berjabatan tangan, namun demikian tidak mengurangi makna halal bihalal itu sendiri.

Untuk diketahui, sebelum pelaksanaan shalat Id, dilaporkan pengumpulan zakat fitrah, zakat mal dan shodaqoh serta infaq di lingkungan Kodam XVI/Pattimura. Dana tersebut telah disalurkan kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan agama.(S-07)