AMBON, Siwalimanews – Kerap dilanda gempa bumi dengan kekuatan hebat pemda MBD menggandeng para ahli guna menggelar seminar terkait kebencanaan.

Seminar digelar pada pada Jumat (20/1) itu bertujuan  membangun kesiap-siagaan dan ketangguhan masyarakat MBD menghadapi gempa dan tsunami.

Bertindak selaku pemateri, yakni dari Pusat Penelitian Bencana Universitas Pattimura, Ferad Puturuhu dan Prof R.M Osok serta Supartoyo dari Stasiun Geofisika BMKG Ambon.

Doktor Ferad Puturuhu kepada Siwalima Sabtu (21/1) mengatakan, seminar tersebut, disosialisasi dokumen rencana kontinjensi gempa bumi dan tsunami yang disusun atas kerja sama Pemkab MBD melalui BPBD dengan Universitas Pattimura (Pusat Penelitian Bencana).

“Kegiatan ini dibuka ole Bupati MBD, Benjamin Thomas Noach dan dihadiri oleh semua pemanku kepentingan, dinas terkait, unsur DPRD MBD, tokoh maayarakat dan tokoh agama,” jelasnya.

Baca Juga: Aksi Bersih Pantai Dipadati Warga

Pemateri Supartoyo dalam pemaparannya memberikan gambaran tentang karakteristik gempa bumi dan tsunami di Maluku dengan  mekanismenya. Sementara  Puturuhu menggambarkan tentang potensi yang dimiliki MBD yang menjadi ancaman gempa bumi dan tsunami.

Kegiatan itu ditutup dengan pemateri terakhir yakni Prof Osok meliputi  rencana kontiijensi saat terjadi bencana dan bagamana upaya pemerintah dan masyarakat membangun kesiapsiagaan dan ketangguhan menghadapi gempa dan tsunami, untuk pencapaian tujuan prmbangunan berkelanjutan di pulau pulau kecil yang aman dari bencana.

“Semoga dengan kegiatan seminar ini, kita dapat menyiapkan maayarakat menuju selamat,” tandas Puturuhu. (S-32)