AMBON, Siwalimanews – Diduga karena keracunan usai mengkonsumsi telur ikan buntal, tiga warga Negeri Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, yang terdiri dari Ibu dan dua anak tewas Selasa (5/3).

Ketiga warga tersebut masing-masing Lenny Latuperissa (28) dan dua anaknya, yakni Keisya Berhitu (5) dan Chrismen Berhitu (2).

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Jane Luhukay menjelaskan, berdasarkan keterangan suami korban Steven Berhitu menjelaskan, sekitar pukul 08.30 WIT ia  bersama istrinya Lenny Latuperissa bersama tiga anak yakni Keisya Berhitu dan Chrismen Berhitu  serta Frans Berhitu sementara berada di rumah mereka di Lingkungan 07, Negeri Haria.

Saat itu, saksi yang sementara mengoreng ikan untuk dimakan, namun karena buru-buru pergi ke sungai, istri saksi dan kedua anaknya mengkonsumsi telur ikan buntal yang telah digoreng sejak semalam.

Selanjutnya istrinya bersama dua anaknya yakni Keisya dan Frans pergi ke sungai, sementara Chrismen tinggal bersama saksi di rumah.

Baca Juga: Polda Maluku Siapkan Personel di Tahapan Pilkada

“Awalnya korban Chrismen mengeluh lemas kepada saksi, tapi saksi mengira hanya lemas biasa, beberapa saat kemudian warga membawa pulang istri saksi yang mengeluh sakit pada kerongkongan begitupun anak mereka Keisya, istri saksi juga meminta saksi untuk membawa mereka ke rumah sakit,” jelas Ipda Jane.

Melihat hal itu kata Ipda Jane, saksi dibantu warga sekitar membawa ketiga korban ke RSUD Saparua. Mereka tiba di RSUD sekitar pukul 10.00 WIT dan sempat mendapat perawatan. Namun sekitar pukul 12.00 WIT nyawa ketiga korban tidak tertolong dan menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit.

“Ketiga korban sempat mendapat perawatan medis, namun akhirnya meninggal di RSUD Saparua,” ujar Ipda Jane.

Atas kejadian tersebut, saksi yang adalah suami dan ayah korban menolak melakukan autopsi dan mengiklaskan kematian para korban.(S-10)