AMBON, Siwalimanews – Rencana revitalisasi Benteng Victoria serta Relokasi Markas Kodam XVI Pattimura oleh Pemerintah Kota Ambon, mendapat restu dari Kemen­terian Pertahanan (Kemhan) RI.

Menurut Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Letjen TNI Muhammad He­rindra, pada prinsip­nya, Kemhan me­nyetujui dan meres­tui rencana revitali­sasi Benteng Victo­ria dan relokasi Markas Kodam XVI Pattimura.

“Kita sudah men­dapat informasi, ten­­tang relokasi markas Kodam XVI Pattimura yang baru di Desa Tawiri. Tu­juan revitalisasi Benteng Victoria juga jelas peruntukkannya. Jadi kami setuju dan dukung rencana tersebut,” kata Wamenhan saat melakukan audiensi bersama Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dalam rilis yang diterima Siwalima, Jumat (19/2)

Dikatakan Wamenhan, rencana untuk merevitalisasi Benteng Vic­toria yang sudah ditetapkan lewat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai  Cagar Bu­daya Nasional guna menarik per­hatian wisatawan adalah langkah sa­ngat tepat karena dapat mening­katkan kesejahteraan masyarakat.

“Revitalisasi ini akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, ini langkah yang tepat dan sangat baik,” aku Wamen.

Baca Juga: Penggalian Drainase 2434 Meter Dilakukan Personil TNI

Ditempat yang sama Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam paparannya mengatakan, permohonan audiensi bersama Kementerian Pertahanan, merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang sudah dilakukan sebelumnya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan beberapa Kementerian terkait lainnya.

“Dari hasil audiensi bersama Kementerian PU, kita diminta untuk meminta restu dari Kementerian Pertahanan agar selanjutnya rencana revitalisasi dan relokasi tersebut dapat di follow up oleh Kementerian PU,” kata Walikota.

Dijelaskan Walikota, setelah memperoleh persetujuan dan restu dari Kemenhan, pihak Pemerintah Kota Ambon dalam waktu dekat akan menyerahkan laporan resmi ke Kantor Staf Kepresidenan untuk kemudian ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi kementerian dan lembaga.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan pertemuan dengan pak Moeldoko, dan beliau sudah menugaskan deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya,” imbuh Walikota.

Untuk revitalisasi itu sendiri, lanjut Walikota, akan mengacu pada desain mula-mula Benteng Victoria yang saat ini ada di salah satu museum di Belanda.

“Revitalisasi akan mengikuti desain awal Benteng Victoria. Semacam replikasi dengan mengikuti sketsa yang ada, sehingga nilai sejarah Benteng tersebut tetap terjaga,” akuinya.

Atas persetujuan dan restu dari Kementerian Pertahanan, Walikota Ambon yang dalam audiensi tersebut didampingi oleh Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, R.Hayat serta Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol, A.Mintik menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi aras atensi yang diberikan.

Diketahui, turut mendampingi Wamenhan dalam audiensi tersebut, Irjen Kemhan, Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana; Dirjen Kuathan, Marsda TNI Ponang Jawoto; Kapus BMN, Laksma TNI Agus Ismanto; dan Karohumas, Brigjen TNI Ignatius Eko Djoko. (S-52)