AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena berjanji akan menfasilitasi para pelaku usaha UMKM yang akan mengembangkan usaha mereka.

Kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (30/5) walikota mengaku, pemkot wajib memfasilitasi para pelaku UMKM, sebab  hal itu harus dilakukan, sebab UMKM selama ini mampu bertahan dalam kondisi apapun.

“Jadi semua kita fokus ke UMKM, karena mereka adalah pelaku usaha yang sangat kuat untuk mendukung perekonomian di Kota Ambon. Itu terbukti dimana, UMKM tetap eksis dalam berbagai tantangan yang dihadapi, karena itu, pemerintah harus memfasilitasi itu,” ucap walikota.

Fasilitasi dari pemkot bagi UMKM kata walikota, berupa memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan perijinan dan sebagainya, termasuk persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku UMKM, baik itu soal pengurusan sertifikat halal, BPOM, dan lainnya di pemkot, sampai pada upaya untuk produksi hingga ke pemasaran.

Hal itu perlu dilakukan demi Ambon yang lebih baik, terutama soal upaya pemerintah menanggulangi kemiskinan dan pengangguran, dimana dengan mendukung UMKM, minimal dua persoalan itu dapat dimanimilisir tingkatannya.

Baca Juga: Mantan Kadis DPKP Aru Jadi Tersangka Korupsi

“Belum lagi kalau usaha-usaha mereka itu kedepan bisa masuk ke pasar luar, melalui promosi media sosial dan aplikasi. Itu luar biasa, dan itu tujuan kita,” tandas walikota.(S-25)