AMBON, Siwalimanews – Kasus covid-19 kembali meningkat di Kota Ambon. Berdasarkan data yang dirilis Pemerintah Kota Ambon, Kecamatan Sirimau merupakan zona penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

Walikota Ambon Richard Louhe­napessy merincikan, dari total 154 kasus Kecamatan Sirimau 63 kasus, Kecamatan Nusaniwe 39 kasus, kemudian Kecamatan Teluk Ambon 12 kasus, Kecamatan Baguala 28 kasus serta Leitimur Selatan 11 kasus.

“Mulai dari kasus pertama untuk satu minggu yang lalu tanggal 24 sampai dengan tanggal 2 kemarin, ternyata sudah mencapai 154 kasus dan kasus yang  tertinggi ada pada tanggal 1  kemarin kurang lebih ada 67 kasus,” ungkap Louhenapessy saat memberikan keterangan pers, di Hotel Manise, Kamis (3/2).

Ia mengaku, penyebaran Covid-19 ini sudah merata di seluruh ke­camatan walaupun tidak semua lingkungan kelurahan yang terdeksi.

“Secara khusus yang  terbanyak pada Negeri Batu Merah dengan 22 kasus,” terangnya.

Baca Juga: Lantamal IX Gelar Vaksinasi Booster

Hal Ini sangat berbahaya, kata Louhenapessy, kenapa sebab belum tahu apakah ini omicron atau jenis yang lama namun dari indikasi cepatnya tingkat penyebaran mungkin patut diduga bahwa ini mungkin juga bisa omicron.

“Sebab rata-rata terkait erat dengan pelaku perjalanan lalu terkontaminasi dan sebagainya,” katanya.

Bahkan yang meninggal pun juga sudah ada sampai dengan hari ini penambahan ada  dua orang.

Walikota menegaskan, Pemerintah Kota Ambon mengambil langkah-langkah antisipasi seusai dengan protokol kesehatan. Salah satunya dengan dikeluarkan kembali instruksi Walikota Ambon Nomor 3 tahun 2022 dalam mengatur mekanisme di kota ini dan akan memberlakukan secara ketat aturan yang berlaku pada level II.

“Dengan adanya instruksi Walikota Ambon tentunya  dalam upaya untuk mengatur kembali seluruh mekanisme sosial di Kota Ambon seusia dengan protokol kesehatan dan level yang ada. (S-23)