TIAKUR, Siwalimanews – Demi mewujudkan pembangu­nan yang berkeadilan dibutuhkan sinkronisasi data dari setiap OPD.

Untuk itu pemerintah kabupaten maluku barat daya mengumpulkan semua perangkat daerah guna merumuskan arah kebijakan pembangunan lewat focus group discussion.

“Data yang berkualitas akan memberikan informasi yang representatif dan objektif sehingga kebijakan yang dirumuskan nantinya menjadi sebuah kebijakan yang efektif dan tepat sasaran,” kata Wakil Bupati MBD agustinus kilikily dalam sambutan ketika membuka FDG yang berlangsung di Kantor Bupati, Rabu (21/2).

Menurutnya data yang dihasilkan dari penyelenggaraan statistik sangat diperlukan untuk perencanaan monitoring dan evaluasi pembangunan daerah bahkan nasional.

“Data statistik yang dihasilkan harus akurat, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah,” tegasnya.

Baca Juga: Walikota: Festival Imlek Masuk Agenda Pariwisata

Oleh karena itu, semua hadir pada kegiatan ini untuk sama-sama membahas serta mengkonfirmasi­kan data yang akan tercantum pada publikasi Kabupaten MBD dalam angka 2024.

Selain melakukan konfirmasi data yang diminta yang sudah dikumpulkan sebelumnya oleh OPD, instansi maupun lembaga negara kepada BPS.

“Saya harap menjadi jembatan untuk kita saling berkoordinasi satu sama lain terkait dengan penyediaan data yang berkualitas,” ungkapnya. (S-28)