AMBON, Siwalimanews – Kasdam XVI Pattimura Brigjen Asep Abdurachman mewakili Pangdam menghadiri upacara pembukaan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri, Senin (12/12).

Sebanyak 274 siswa, yang terdiri dari 177 siswa Dikmaba TNI AD dan 97 Siswa Diktukba Polri nantinya akan mengikuti pendidikan dan latihan integrasi kampus kebangsaan.

Kapendam Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar mengaku pendidikan terintegrasi  ini merupakan tindak lanjut peningkatan kerjasama yang diwujudkan dalam kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan atau pendidikan pertama.

“Kegiatan terintegrasi, siswa Dikmaba TNI AD akan mengikuti pendidikan di SPN Polda Maluku, begitu dengan siswa Diktukba Polri akan berada di Rindam XVI Pattimura selama lima hari,” terang kapendam.

Kegiatan ini menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan kerjasama tim dan kepemimpinan yang memiliki jiwa ksatria integrasi.

Baca Juga: Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan dan Sagu Digelar

Lanjutnya dari amanat Dankodiklat TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan, oleh Kasdam XVI Pattimura, Dankodiklat berharap dari adanya kolaborasi integrasi ini adalah tumbuhnya bibit integrasi yang kuat dalam institusi TNI-Polri.

“Kegiatan kolaborasi integrasi ini bermanfaat strategis karena kedepan tugas negara yang diemban oleh TNI- Polri harus selalu bersama-sama saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi,” ujarnya.(S-09)