AMBON, Siwalimanews – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kunjungannya meninjau langsung pelaksanaan pembelajaan tatap muka yang berlangsung di SMPN 6 Ambon, Jumat (14/1).

Dalam kunjungan itu, Kapolri didampingi Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Richard Tampubolon dan sejumlah petinggi Mabes Polri itu, memastikan protokol kesehatan berjalan dengan disiplin, sehingga pelaksanana PTM dan tenaga pendidik aman dari paparan Covid-19.

Usai meninjau pelaksanaan PTM, Kapolri dan rombongan kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi khusus anak yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon.

Di Lapangan Merdeka, Kapolri melakukan interaksi dengan anak-anak yang menjadi peserta vaksinasi. Kapolri memberikan motivasi kepada mereka agar tidak takut untuk mengikuti vaksinasi, dikarenakan vaksinasi dapat melindungi tubuh dari serangan Covid-19, terutama varian baru Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

Usai berinteraksi dengan peserta vaksinasi, Kapolri kemudian melakukan  pertemuan secara virtual dengan Polres jajaran Polda Maluku. Pertemuan ini untuk meminta data sejauh mana pelaksanaan dan kendala yang di hadapi saat proses vaksinasi.

Baca Juga: DPRD akan Fokus Awasi Proyek Tahun 2021

Dalam pertemuan dan hasil paparan para Kapolres, diketahui terdapat sejumlah daerah yang capaian vaksinasi masih dibawah 70 persen. Kendalanya, masih banyak masyarakat yang menolak dan tidak percaya akan keefektifan vaksinasi.

Untuk itu, Kapolri meminta Polres jajaran terkhususnya untuk wilayah yang capaian vaksinasi masih rendah untuk terun melakukan vaksinasi guna merangsang minat masyarakat agar ikut berpartisipasi.

Hal ini disampaikan Kapolri dalam keterangan persnya usai meninjau vaksinasi.

“Tadi Saya sudah dengar paparan Polres jajaran, bahwa ada kendala seperti masyarakat yang masih menolak, disitu saya katakan agar tetap sosialisasi sehingga masyarakat yang tadinya tidak mau, bisa ikut berpartisipasi, apalagi dengan adanya varian baru jenis Omicron,” ungkap Kapolri.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengapresiasi capaian Kota Ambon yang saat ini sudah mencapai angka 94 persen. Torehan ini diharapkannya menjadi motivasi daerah lain untuk mengenjot vaksinasi, guna mencapai target yang ditentukan pemerintah.

Kapolri Optimis, Provinsi Maluku secara keseluruhan dapat mengejar ketertinggalan dan mencapai target yang ditentukan.

“Secara nasional capaian pemerintah diatas 84 persen, untuk Maluku sendiri masih berada di angaka 63 persen, ini perlu ada akselerasi. Dari hasil komunikasi daerah di Maluku sangup untuk capai 70 persen, capaian Kota Ambon bisa jadi motivasi, sehingga saya percaya dan optimis, target yang ditentukan dapat tercapai,” ungkap Kapolri.

Pada kesempatan itu, Kapolri menghimbau masyarakat yang belum di vaksin untuk mendatangi gerai yang ada, karena dengan vaksin, masyarakat akan terhindar dari covid terutama varian baru, serta capaian vaksinasi sesuai target pemerintah dapat tercapai.

“kita harus waspada karena varian Omicron sudah masuk, untuk itu kita harus jaga dan antsipasi. Salah satu cara membekali masyarakat dengan vaksinasi serta prokes ketat, agar saat kita kejar capaian, tidak ada ledakan dengan adanya varian ini,” himbau Kapolri.

Usai meninjau vaksinasi, Kapolri dan rombongan melanjutkan perjalanan dengan meninjau Gedung Mapolda baru yang berlokasi di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Selanjutnya Kapolri dan rombongan menuju Bandara Internasional Pattimura untuk kembali ke Jakarta. (S-45)