AMBON, Siwalimanews – Untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan optimal dan lancar, maka Kapolres Tanimbar AKBP Umar Wijaya, melakukan inspeksi mendadak, sekaligus melakukan pengecekan ruangan pelayanan Publik, Selasa (1/11).

Orang nomor satu di Polres Tanimbar itu melakukan sidak dengan berjalan menyusri satu persatu ruangan pelayanan publik di mapolres, baik ruangan sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) maupun ruangan pelayanan SIM pada Satlantas untuk mengecek dan memantau langsung proses pelayanan kepada masyarakat.

Bukan saja mengecek dan memantau, kapolres juga langsung turun tangan memeriksa administrasi sistem pelayanan sesuai SOP yang telah ditetapkan, seperti buku register dan lain sebagainya, untuk memastikan pelaksanaan pelayanan masyarakat benar-benar berjalan maksimal, dan juga memastikan ketertiban dan kerapihan administrasi pelaksanaan tugas tetap diperhatikan oleh anggota.

Selain itu, sikap dan raut wajah setiap personel yang bertugas pada fungsi pelayanan publik pun turut dikoreksi, dan diperhatikan oleh kapolres dalam kegiatan ini.

“Buku register dan kebersihan ruangan pelayanan agar tetap diisi dan diperhatikan, demi ketertiban administrasi di lingkungan kerja, dan juga demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang datang,” ungkap kapolres kepada Siwalimanews, melalui telpon selulernya usai pelaksanaan sidak.

Baca Juga: DPRD Dorong Normalisasi Infrastruktur di Terminal Mardika

Tak hanya itu, dialog dengan salah satu warga masyarakat yang datang meminta pelayanan, berupa surat kehilangan di ruang SPKT, sekaligus membantu mengkordinasikan permasalahan/kendala yang dialami dengan pihak instansi yang berkompoten, untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat yang bersangkutan, turut dilakukan kapolres dalam kegiatan ini.

Menurut kapolres, perlu dilakukannya sidak, agar masyarakat yang datang membutuhkan pelayanan kepolisian, benar-benar merasa terlayani dengan baik.

“Kita harus memberikan pelayanan secara baik dan membantu sebisa mungkin, sehingga masyarakat yang datang meminta pelayanan kita harus benar-benar merasa terlayani dengan baik, dan mendapatkan solusi atas permasalahan yang dikeluhkan,” ucap kapolres.(Mg-1)