AMBON, Siwalimanews – Kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mendapat pujian dari Kapolda Maluku, Irjen Drs. Refdi Andri, M.Si saat melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemili­han Umum (KPU) MBD pekan lalu.

Kapolda pada kesempatan itu salut kinerja Ketua KPU MBD, Alupatty Demny, lantaran telah menjelaskan dengan gamblang dan terperinci semua potensi yang ada di wilayah kerja KPU MBD.

“Mampu menghafal dan mengua­sai semua hal, terkait dengan pelak­sanaan pilkada. Hal seperti ini dirasa jarang sekali terjadi. Kalau ketua KPU mampu menghafal dan me­nyampaikan semuanya di luar  kepala ini menunjukan prestasi dan kinerja yang baik. Saya lihat-lihat jangan sampai ada tertulis dalam buku, ternyata ga ada konsepnya. Yang ada hanyalah buku kosong aja, te­tapi sungguh luar biasa dan kagum karena mampu menjelaskan dengan gamblang,” kata kapolda.

Ketua KPU MBD dalam paparan­nya menjelaskan mulai dari peren­canaan, pelaksanaan, pengorgani­sa­sian sampai pada Tempat Pemu­ngutan Suara (TPS). Disebutkan, MBD merupakan kabupaten paling ujung di Maluku yang berbatasan langsung dengan Australia. Medan geografis pun sangat sulit. “Sebagai contoh pada pulau Luang Keca­ma­tan Mdona Hyera, TPS Meti Ma­rang. Betapa sulitnya rentang ken­dali cakupan pelayanan di Kabu­paten MBD. Ditambah lagi dengan kondisi alam, minimnya transportasi laut dan komunikasi yang belum memadai,” sebut Ketua KPU.

Menurutnya, butuh kemampuan untuk menggerakan semua potensi yang ada di wilayah kerja KPU MBD. Komitmen menyukseskan pil­kada serentak nantinya pada  9 Desember  mendatang menjadi fokus utama.

Baca Juga: 18 Industri Hulu Migas Dapat Penghargaan dari SKK Migas

Dengan 17 pulau untuk 17 keca­matan dan 118 desa dan kelurahan, 199 TPS. Dengan jumlah Daftar Pe­milih Tetap (DPT) Kabupaten MBD sebanyak kurang lebih 53 ribu, KPU nyatakan sikap sukseskan pilkada.

Alupatty Demny juga menyam­paikan komitmennya untuk melaksa­na­kan pilkada yang jujur, adil dan bermartabat sebagai wujud budaya syolilieta di Kabupaten MBD. Ka­rena sebagai anak asli maka KPUD MBD sudah sangat siap, untuk me­laksanakan Pilkada di wilayah ke­pulauan. Ada keinginan dan kebang­gaan untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Diungkapkan, pilkada sukses karena ada permintaan untuk penga­manan yang baik bagi penyeleng­gara (KPU-Red). Sehingga dapat melaksanakan pilkada dengan baik tanpa gangguan dari pihak manapun, tanpa tekanan dan intimidasi. Dengan harapan dapat memberikan pilkada di kabupaten MBD sebagai kado Natal bagi rakyat yang penuh dengan kedamaian, sesuai dengan makna Natal. (S-19)