AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar meminta kepada seluruh kapolres di wilayah hukum Polda Maluku untuk transparan ke media di masa pandemi Covid-19 ini. Hal itu disampaikannya  saat menggelar video conference terkait analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Aman Nusa II Siwalima 2020 yang digelar di ruang rapat utama Polda Maluku, Senin (8/6).

Anev dihadiri Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda Maluku dan PJU Polda Maluku serta diikuti polres dan polresta jajaran Polda Maluku. Dalam pesannya, Kapolda meminta  masing-masing polres dan polresta jajaran, jika ada peristiwa menonjol atau viral, kiranya dipersiapkan penyampaian faktanya kepada pers (media) atau masyarakat.

“Terkait kejadian yang terjadi di Pasar Mardika agar tidak terjadi lagi. Sesuai penekanan Wakapolri, agar anggota tetap kedepankan tindakan preemptif dan humanis,” ujar Kapolda.

Hal yang sama ia sampaikan terkait penggunaan rapid tes, polres dan polresta jajaran diingatkan supaya menyampaikan ke masyarakat rapid test itu berlaku untuk semua orang tanpa kecuali.

“Terkait isu yang berkembang, rapid test berlaku hanya kepada umat tertentu, agar jajaran sampaikan ke masyarakat, rapid test untuk semua tanpa memandang status masyarakat tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Kapolda Kunjungi Pasien Covid-19 di LPMP

Kapolda juga menyentil soal bansos dari pemerintah maupun Kapolri yang belum capai target agar segera dikoordinasikan ber-sama dengan pemerintah daerah setempat untuk direalisasi.

Tak lupa dirinya juga menyampaikan ke anggota dalam melaksanakan tugas, harus patuhi protokol kesehatan dan bertindak tetap kedepankan tindakan preemtif serta humanis.

Untuk kegiatan HUT Bhayangkara ke 74, nantinya panitia penyelenggara memperhatikan punawirawan Polri sebagai bentuk penghormatan terdap pendahulu.

Sementara itu Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes pada kesempatan tersebut  berpesan agar stok beras bantuan Kapolri yang masih ada di polres dan polresta jajaran segera didistribusikan.

“Saya ucapan terima kasih kepada polres yang stok berasnya sudah habis atau sudah di-distribusikan ke semua masya-rakat. Mari kita saling membantu untuk satu tujuan mensejahtera-kan masyarakat kita di Maluku ini,” ajak Wakapolda.(S-32)