AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif menekankan kepada para personilnya bahwa kehadiran Polri di tengah masyarakat adalah untuk memberikan perlindungan dan pengayoman.

Selain itu juga ke depan tampilan kinerja dan eksistensi fungsi teknis Sabhara dan Pam Obvit adalah sebagai fungsi pencegahan dalam pemeliharaan kamtibmas.

Penegasan ini disampaikan oleh Kapolda Irjen Lotharia ketika Rapat Kerja Teknis Fungsi Teknis Samapta dan Pam Obvit Polda Maluku di Manise Hotel, Selasa (19/4).

Kegiatan ini juga, Kapolda  meminta agar dalam menjalankan tugas, para personil haruslah dilengkapi dengan peralatan yang telah diberikan oleh negara.

“Peralatan itu dapat membela diri dari serangan kejahatan. Inti dari arahan saya adalah fungsi preventif, fungsi pencegahan, kehadiran kalian di masyarakat sangat sangat dinantikan,” ingat Kapolda.

Baca Juga: Masih Tinggi, Stunting Jadi Fokus Pemda MBD

Lebih lanjut Kapolda mengatakan bahwa tugas Samapta dan Pam Obvit adalah mencegah.

“Teruslah menjadi polisi polisi yang protagonis atau polisi yang menjadi kerinduan oleh masyarakat, bukan polisi yang antagonis atau polisi yang dibenci oleh masyarakat. Jadilah polisi yang selalu dicintai dan dindukan oleh masyarakat,” harapnya.

Kapolda meminta para peserta rakernis agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. “Tingkatkan intensitas pelaksanaan tugas fungsi Sabhara dan Pam Obvit di lapangan guna memberikan rasa aman, tentram, damai kepada masyarakat,” jelasnya. (S-10)