AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Lot­haria Latif menegas­kan akan meningkatkan kasus kebakaran yang terjadi di eks Pasar Gampus, Jala Pala, Ke­camatan Sirimau, Kota Ambon tetap diusut dan di­tingkatkan ke penyidikan.

Kapolda mengung­ka­pkan, proses penye­li­dikan masih dilaku­kan dan harus ada per­tanggung jawaban hu­kum, karena akibat ke­bakaran tersebut satu korban meninggal.

“Dan itu sedang kita laku­kan proses baik penyelidikan, dan kemungkinan besar nanti kita akan tingkatkan ke proses penyidik. Harus ada pertang­gung jawaban hukum, apalagi ada yang sampai meninggal dunia,” Ujar Kapolda saat mengunjungi korban kebakaran di Pasar Gotong Royong, Jumat (19/5).

Kapolda dalam kesempatan itu menekankan kepada penjabat Wali­kota Ambon, Bodewin Wattimena agar penanganan kasehatan dan masalah pendidikan anak-anak korban kebakaran jangan sampai terganggu.

“Tadi saya mengecek dan saya tekankan Pak Wali, penanganan kesehatan, baik makanan bagi me­reka dan anak-anak sekolah ini, re­maja dan anak SD. Juga mendapat­kan pendidikan dan jangan terga­nggu dan sudah mau memasuki UAS,” ujarnya.

Baca Juga: Mahulauw: Kirab Pemilu Sarana Integrasi Bangsa

Kapolda memberikan apresiasi bagi Penjabat Walikota yang mena­ngani korban kebakaran, sehingga dirinya mengusulkan agar meng­antisipasi kebakaran maka masya­rakat perlu diberikan edukasi.

“Saya menyampaikan terima ke­pada Pak Walikota Ambon Boedwin Wattimena dan tim Polresta sebagai penanggungjawab wilayah. pelaksa­naan penagangan cukup cepat. Tetapi yang paling penting kita juga harus memberikan edukasi, meng­antisipasi bahaya kebakaran,” kata Kapolda.

Kapolda juga menghimbau mas­yarakat untuk tetap waspada karena cuaca yang masih ekstrim dan selalu mengantisipasi bahaya kebakaran.

‘Saya tetap mengingatkan, kita tetap antisipasi bahaya kebakaran, karna cuaca ekstrem hati hati. Peng­gunaan mungkin barang-barang berbahaya dan sebagainya, yang bisa menyebabkan kebakaran,” himbau Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Ka­polda memberikan bantuan berupa satu ton beras kepada korban keba­karan.

Beri Trauma Healing

Guna memulihkan kondisi psikologis korban kebakaran eks pasar Gambus tepatnya di Jalan Pala, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Polresta pulau Ambon dan Pulau pulau Lease melakukan trauma healing terhadap para korban.

Trauma healing yang berlangsung Sabtu (20/5) di lokasi pengungsian Pasar Gotong Royong belakang Ambon Plaza, dipimpin Kabag SDM Polresta Ambon, Kompol Johanis Horhoruw, didampingi Kasat Binmas Kompol Sarah Lessil dan Personel Polwan Polresta  Ambon.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Jane Luhukay mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengatasi rasa cemas, panik dan trauma akibat kebakaran yang terjadi pada Senin 15 Mei kemarin.

“Sasaran kegiatan yakni kepada para pengungsi termasuk didalamnya anak anak, tujuannya untuk mengatasi psikis korban yang trauma akibat kejadian tersebut,”ujar Luhukay. kepada wartawan di Ambon, Sabtu (20/5)

Selain trauma healing, lanjutnya, Polresta Ambon dan Polda Maluku juga memberikan bantuan sosial kepada para korban.

“Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan korban keba­-karan Jalan Pala dalam memenuhi kebutuhan para pengungsi,” tandasnya. (Mg-1/S-10)