PIRU, Siwalimanews – Sebanyak delapan kepala sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) resmi dilantik oleh Bupati Moh. Yasin Payapo, di Aula Pandopo Bupati, Jumat (28/8).

Dalam Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kepala sekolah, Bupati juga menyerahkan SK kepada 11 orang pelaksana tugas kepala sekolah.

“Kepada Kepsek yang baru dilantik dan belum dilantik, saya harapkan agar bekerja dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Saka Mese Nusa,” harap Bupati dalam sambutanya.

Bupati menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor l9 Tahun 2017, beban kerja kepala satuan pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

“Kepsek tidak dibebani tugas pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan guru pada sekolah, sehingga dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja dalam memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Baca Juga: Brimob Semprot Disinfektan di Suli

Ia menegaskan, kinerja kepala sekolah akan dievaluasi. “Kinerja saudara akan dievaluasi setiap tahunnya dan hasil penilaian kinerja tersebut menjadi bahan pemberhen­tian penugasan maupun perpanjangan masa tugas,” tegas Payapo.

Menurutnya, manajemen PNS merupakan tindak lanjut dari Undang-undang ASN, sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN.

“Pengaturan manajemen PNS melalui peraturan pemerintah ini bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktek KKN, dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan,” ujarnya.

Dijelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Kepada para Kepsek yang diambil sumpahnya dan dilantik dan belum dilantik, saya tegaskan bahwa hal yang pertama yang perlu saudara lakukan, adalah memahami fungsi dan tanggung jawab pada jabatan yang dipercayakan kepada saudara. Selain pemahaman akan tugas, disiplin juga memiliki kedudukan yang panting dalam keberhasilan kerja,” katanya.

Bupati yakin apabila kondisi ini telah terbentuk dan terpatri dalam sanubari saudara, maka dimanapun saudara ditempatkani tetap akan dapat berperan dengan baik. Dan seberat apapun tugas yang dibebankan pada saudara, semoga dapat diselesaikan dengan baik pula. Disinilah letak hakiki dari pengabdian PNS  sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” cetusnya.

Bupati juga meminta Kepsek yang dilantik dan belum dilantik untuk lebih meningkatkan disiplin, loyalitas dan kompetensi yang dimiliki.

“Membangun dan menciptakan komunikasi serta harmonisasi dengan seluruh guru, tenaga pengajar serta dengan anak didik karena ini bertujuan agar Kepsek dan para guru dapat bekerja dengan nyaman serta menghasilkan kinerja yang lebih maksimal, mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik,” harapnya. (S-48)