AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengingatkan kepada para pemudik di wilayah Maluku, untuk menjaga keselamatan diri masing-masing dengan mengikuti semua petunjuk dan SOP dari petugas yang telah ditetapkan.

“Kita berharap semua penanggung jawab, baik itu angkutan darat, laut dan udara dapat menyiapkan akomodasinya dengan baik. Kita amankan masyarakat yang melaksanakan mudik dengan sebaik-baiknya,” pinta kapolda didampingi Pangdam Pattimura kepada wartawan usai upacaragelar pasukan Operasi Ketupat di Lapangan Letkol Ch Tahapary, Senin (17/4).

Menurut kapolda, pihaknya juga telah menghimbau pihak syahbandar maupun Dinas Perhubungan dalam hal ini bidang perhubungan laut agar dapat mengantisipasi kapal cadangan, jangan sampai masyarakatnya banyak, namun kapalnya tidak siap.

“Peran dari teman-teman media juga sangat penting terus menginformasikan kepada publik tentang jam-jam perjalanan, cuaca dan sebagainya. Saya kira ini sangat penting,” ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan operasi ketupat ini disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing, seperti halnya karakteristik wilayah Maluku adalah kepulauan, sehingga yang menjadi konsen dan fokus pengamanan yakni pada pelabuhan dan alat-alat angkut lainnya baik udara maupun terminal.

Baca Juga: BPOM Masih Temukan Barang Kadaluarsa dan TMK

Untuk personel yang dilibatkan kurang lebih 4.923 personel, yang terdiri dari 3.889 dari Polri, TNI 589, dan 445 personel dari instansi terkait. Selain pengerahan ribuan personel, Polda Maluku juga menyiapkan pos pengamanan sebanyak 48 unit, pos pelayanan 22 unit dan pos terpadu 10 unit. Puluhan pos tersebut tersebar di seluruh jajaran Polda Maluku.

“Daerah yang menjadi pengamanan khusus, diantaranya transportasi, pelabuhan besar yang dilewati kapal dan bandara. Ini menjadi atensi Polda Maluku,” jelas kapolda.

Ditempat yang sama, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa menambahkan, TNI siap membantu Polda Maluku dalam pengamanan arus mudik Idul Fitri tahun ini hingga arus balik nanti.

“Saya menghimbau mari kita jaga keanekaragaman di Maluku supaya suasana yang sudah kondusif ini terjaga dengan baik, sehingga perayaan Idul Fitri berjalan dengan damai, indah dan berdampingan serta kembali suci,” himbau pangdam.(S-10)