AMBON, Siwalimanews – Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum Maluku, Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar mengingatkan lembaga penyelenggara pemilu itu  untuk menjunjung tinggi netralitas dalam perhelatan pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun kepada Siwalima mengatakan tujuan dari kunjungan Kapolda Maluku menemui komisioner KPU untuk mempererat komunikasi, koordinasi dan sinergitas diantara penyelenggara negara yang sebentar lagi akan melakukan pilkada serentak.

Ada beberapa hal yang ditegaskan Kapolda berkaitan dengan kerja penyelenggara pemilu baik KPU maupun bawaslu, diantaranya dalam menjalankan tugas penyelenggara harus jujur dan adil, termasuk soal netralitas dan independensi yang wajib dipatuhi oleh setiap penyelenggara pilkada.

“Pak Kapolda ingatkan untuk harus jujur, adil, netral dan indepen­den dalam melaksanakan tugas,” kata Kubangun, Jumat (19/6).

Menurut Kubangun, Kapolda sudah meminta kepada KPU apabila ada masalah dalam persiapan pelaksanaan pilkada serentak dapat langsung dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian Daerah Maluku khususnya pada empat kabupaten yang akan melakukan pilkada serentak.

Baca Juga: Siwalette Resmi Jabat Negeri Kamariang

“Kapolda juga ingin mengetahui informasi yang update terkait dengan lanjutan tahapan pilkada serentak baik dari sisi aturan dan kesiapan penyelenggara dengan dimulainya tahapan pilkada dimaksud,” kata Kubangun.

Selain itu tambah Kabangun, Kapolda juga telah menjamin akan menjalankan tugas kepolisian diantaranya pengamanan jalannya pilkada serentak di empat kabupaten dengan menggerakan personil kepolisian serta melindungi dan mengayomi masyarakat selaku pemilih.

“Prinsipnya Kapolda mene­gaskan akan menjamin keamanan selama pilkada serentak,” ungkap Kubangun. (Mg-4)