AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengimbau seluruh warga Maluku untuk menjaga kerukunan dan kedamaian dan bersama-sama menjaga kesucian bulan Ramadhan, saling menghormati dan menghargai antar sesama.

“Mari kita saling menghormati dan saling  bertoleransi antar umat beragama di Provinsi Maluku. Semoga pelaksanaan ibadah puasa sampai dengan berakhirnya dapat berlangsung secara aman, dan damai,” harap Kapolda

Kapolda juga menghimbau untuk jangan lagi ada balap liar serta tawuran karena penggunaan miras di jalanan.

“Saya sudah perintahkan para Kapolres untuk tindak tegas dan proses hukum saja yang masih melakukan hal tersebut, pelanggaran hukum dan kejahatan yang berulang, dan disengaja serta sudah berulang kali dilakukan pembinaan tapi tidak jera, maka lakukan proses hukum dan berikan catatan dalam riwayat hidupnya di catatan kepolisian, sehingga akan terdata terus dalam hidup yang bersangkutan sebagai konsekuensi perbuatannya yang merugikan dan membahayakan orang lain,” tegasnya.

Selanjutnya Kapolda mengajak semua pihak dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan Maluku yang lebih baik.

Baca Juga: Saksi Ganjar-Mahfud Tolak Hasil Pemilu di Tanimbar

“Mari katong semua jaga Maluku menjadi daerah yang aman, damai dan sejahtera,” pinta Kapolda.

Untuk diketahui, sehari menjelang ibadah puasa, Kapolda melaksanakan shalat magrib bersama masyarakat di Masjid Raya Al-Fatah, Kota Ambon, Senin malam (11/3).

Kehadiran Kapolda yang didampingi Karo Ops Polda Maluku dan Wakapolresta Ambon ini disambut hangat oleh Imam Masjid Al-Fatah, Ustadz Syafril Majapahit.

Setelah shalat magrib, Kapolda sempat menyapa dan berbincang dengan masyarakat. Ia juga menyempatkan waktu untuk melihat stand-stand pedagang yang mulai berdiri di sepanjang emperan masjid Al-Fatah.

Stand-stand yang didirikan di depan masjid terbesar di Maluku ini umumnya menjual pakaian dan aksesoris muslim.

Kapolda juga sempat menyapa dan berbincang dengan para pedagang tersebut dan berpesan agar tetap menjaga ketertiban di sekitar lingkungan masjid.

Kapolda menyampaikan ucapan selamat menunaikan Ibadah puasa Ramadhan 1445 H kepada masyarakat muslim di Maluku.

“Untuk diketahui pemerintah telah menetapkan bahwa tanggal 12 Maret 2024 kita sudah melaksanakan ibadah puasa,” ungkapnya.

Kendati demikian, Kapolda juga menyampaikan bahwa sebagian masyarakat ada yang telah melaksanakan ibadah puasa lebih dulu.

“Ada juga saudara-saudari kita yang sudah melaksanakan ibadah puasa mulai hari ini, tetapi itu tidak menjadi persoalan bahkan itu menjadi keberagaman untuk kita hormati,” katanya.

Untuk mengamankan jalannya ibadah puasa secara kondusif, Kapolda mengaku pihaknya telah menyiapkan pengamanan yaitu Operasi Ketupat Salawaku yang rutin digelar setiap tahun yang melibatkan semua pihak terkait dan masyarakat.

“Polda Maluku sudah menyiapkan pengamanan yaitu Operasi Ketupat yang akan berfokus pada tempat-tempat Ibadah dan tempat keramaian masyarakat,tempat wisata, pelabuhan, bandara dan terminal di wilayah Maluku,” ujarnya. (S-10)