AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif memberikan apresiasi kepada seluruh anggota Polda Maluku dan Polres jajaran, atas kinerjanya da­lam menjaga keamanan dan ke­tertiban masyarakat (Kamtibmas).

Hal ini diungkapkan Kapolda saat menjadi inspektur apel gabungan, yang digelar Polda Maluku di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (9/5).

Apel gabungan yang digelar ini, lanjut Kapolda merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan penga­manan ibadah puasa ramadan hingga perayaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022.

Kapolda menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan operasi Ketu­pat Salawaku, baik yang sifatnya pengamanan maupun pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Pada pukul 24.00 WIT hari ini, operasi Ketupat Salawaku 2022 akan dinyatakan selesai. Ini atas kerja keras seluruh anggota se­kalian yang penuh keikhlasan baik yang tergabung didalam operasi, maupun yang melaksanakan tugas rutin di satuan-satuan kita yang cukup besar baik itu Brimob, Sabhara, Lalu lintas, Binmas, Obvit, yang melaksanakan fungsi pengamanan terbuka dan dibantu oleh tugas-tugas pokok kepolisian yang sifatnya tertutup,” ujarnya.

Baca Juga: Arifin Kembali Pimpin PTGMI Maluku

Kapolda kembali memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota, baik yang di Polda mau­pun di jajaran yang telah melak­sanakan tugas dengan keterba­tasan yang ada.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota, dimana seluruh perintah-perintah pimpinan dari bapak Kapolri dapat kita laksanakan,” sebutnya.

Kata Kapolda, dalam tahun ini ada juga beberapa kegiatan yang perlu menjadi perhatian, yaitu terkait per­masalahan Covid-19. Hingga saat ini pandemi masih terus dihadapi. Dan pemerintah ma­sih belum menyatakan persoa­lan ini selesai.

“Artinya kita tetap melaksanakan seluruh protokol kesehatan baik di internal kita maupun di kegiatan di masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, mengenai pemu­lihan ekonomi nasional, Kapolda me­ngatakan, dampak Covid-19 sa­ngat mempengaruhi ekonomi kerakyatan, untuk itu perlu peran aktif Polri untuk mendukung kegiatan program pemerintah dalam mengatasi persoalan ini.

“Sebagai anggota Polri mari kita laksanakan, kita bantu program-program pemerintah yaitu pe­merintah pusat dan pemerintah provinsi, serta untuk jajaran Polres untuk pemerintahan Kabupaten peran Polri di sini adalah meme­lihara Kamtibmas memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum sesuai dengan tupoksi kita,” tuturnya.

Kapolda menambahkan, dalam menangani sejumlah persoalan di Maluku yang menjadi kunci adalah melaksanakan tugas secara preemtif dan preventif.

“Di wilayah Maluku ini tugas-tugas preemtif dan preventif yang menurut saya memegang kata kunci dan memegang peranan penting agar tidak terjadi sesuatu konflik, baik yang itu sifatnya sosial maupun sifatnya komunal,” jelasnya.

Olehnya itu, Kapolda kembali me­ngajak seluruh personil agar dapat menjalankan tugas dengan penuh amanah dan kepercayaan yang diberikan pimpinan secara baik.

“Khusus bagi saudara-saudara kita yang beragama Islam, agar Ramadan dapat dijadikan proyeksi kita dalam mengerjakan seluruh amalan dengan kebaikan-kebaikan, shalatnya, sunnahnya, amalnya, dan sedekahnya semakin bertambah, dan kita menjunjung toleransi antar sesama, kita menerapkan sendi-sendi kehidupan penuh damai di antara sesama, itulah yang diharapkan,” harapnya. (S-10)