AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon men­catat, sejumlah wilayah di Maluku berpotensi alami hujan lebat.

Hujan tersebut terjadi sejak Senin (9/5) hingga Rabu (11/5) mulai dari sedang hingga lebat.

Wilayah yang berpo­tensi hujan sedang hi­ngga lebat pada tang­gal 9 Mei yaitu, Kota Tual, Kabupaten Malu­ku Tengah, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabu­paten Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Ta­nim­bar.

selanjutnya pada tanggal 10 Mei, terjadi pada wilayah Kota Tual, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabu­paten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Demikian diungkapkan, kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Ambon, Welhelmina Paays dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Senin (9/5).

Baca Juga: Pemda MBD Tambah 81 BTS

Dikatakan, berdasarkan analisa medan angin lapisan atas terdapat masa udara pada wilayah Maluku.

“Kelembaban udara lapisan 850-700 mb menunjukan keadaan relatif basah (70-90%).

Sementara itu animali SPL Wilayah Maluku mengindikasikan adanya tambahan suplay air khu­susnya pada wilayah Laut Banda, perairan Kei dan Laut Seram, yang dapat menambah peluang pertum­buhan awan hujan yang signifikan pada wilayah sekitarnya, khususnya wilayah Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Pulau Buru,” ujarnya.

Wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 9 Mei yaitu, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Selanjutnya pada tanggal 10 Mei, terjadi pada wilayah Kota Tual, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Te­ngah, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Barat,

Ditambahkan, angin umumnya bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan terbesar 20 knot (37 km/jam). Karena itu BMKG meminta untuk masyarakat waspada pertumbuhan awan-awan hujan tipe Cumulonimbus (CB) yang dapat meningkatkan kecepatan angina dan tinggi gelombang. (S-05)