AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon berencana akan memberikan gelar warga kehormatan Kota Ambon kepada Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar. Jenderal bintang dua ini dinilai layak untuk diberikan penghargaan tersebut.

Sebagai implementasinya, Selasa (17/11), Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta, Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler, para ketua fraksi di DPRD Kota Ambon langsung menemui kapolda guna membahas rencana pemberian gelar kehormatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kapolda Maluku mengucapkan selamat datang di markas komando Polda Maluku kepada Ketua DPRD Kota Ambon beserta rombongan. Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta juga berteri­ma kasih atas kesempatannya dapat bersilaturahmi dengan Kapolda Maluku.

Toisuta menjelaskan maksud dan tujuan silaturahmi yakni mengucapkan terima kasih atas pengabdian Kapolda Maluku hingga saat ini kepada Provinsi Maluku terkhususnya Kota Ambon.

Selain itu juga, Toisuta mengatakan Pemkot Ambon akan memberikan gelar warga kehormatan Kota Ambon atas pengabdian Kapolda Maluku. Toisuta mengatakan,  DPRD Kota Ambon menerima masukan melalui surat dari masyarakat yang menyampaikan saran agar pemerintah kota Ambon memberikan penghargaan kepada Irjen Baharudin Djafar sebagai warga kehormatan atas jasanya selama mengabdi di Kota Ambon.

Baca Juga: Omongan Kadinkes, Masyarakat Makin tak Percaya Satgas Covid

Menurut Ketua DPRD dan Wawali Ambon, sebelumnya kota Ambon telah memberikan penghargaan yang sama kepada empat tokoh yakni Jenderal Wismoyo Arismunandar, Yusuf Kala, Sandiaga Uno, Doni Monardo dan rencananya untuk kelima ini diberikan kepada Irjen Baharudin Djafar.

Pemberian penghargaan itu akan didahului dengan sidang istimewa DPRD Kota Ambon dalam waktu dekat. Terhadap rencana tersebut Kapolda menyatakan sangat terharu dan berterima kasih kepada warga kota Ambon dan Maluku secara keseluruhan. Lebih lanjut Ka­-pol­da menyatakan kenangannya bersama masyarakat Maluku terutama keramah tamahannya sampai kapanpun akan diingat dan dikenang.

Untuk diketahui, Irjen Baharudin Djafar telah dimutasikan ke Mabes Polri, selama menjabat Kapolda Maluku, jenderal dengan dua bintang di pundaknya itu banyak memberikan sumbangsih kepada rakyat Kota Ambon. (Cr-6)