AMBON, Siwalimanews – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Maluku yang bertugas di Dobo Kabupaten Kepu­lau­an Aru, berhasil menyela­matkan dan mengeva­kua­si puluhan penumpang dari atas kapal layar motor (KLM) Mansay yang bocor saat diterjang ombak.

Kapal naas ini berlayar dari Desa Rebi, Kecamatan Aru Selatan, Kabu­paten Kepulauan Aru menuju kota Dobo dengan membawa 40 orang penumpang serta 5 orang kru pada Senin (27/7) sekitar pukul 23.00 WIT.

“Dalam perjalanan itu kapal dilaporkan terjadi kebocoran sekitar pukul 06.00 WIT pagi tadi. Tim langsung diterjunkan ke lokasi dan berhasil menyelamat­kan penumpang dan kru kapal,” ujar Dirpolairud Polda Maluku, Kombes Harun Rasyid dalam rilis yang diterima Siwalima, Selasa (28/7).

Dirinya menjelaskan, kapal kayu ini ketika keluar dari Desa Rebi cuaca tidak bersaha­bat. “Kapal dihantam ombak di­dalam perjalanan menyebabkan terjadi kebocoran di lambung sebelah kiri kapal,” terang Rasyid.

Setelah mendapat laporan, pihaknya kemudian mengerah­kan  KP. XVI – 3002 Teluk Ambon beserta kelengkapan SAR Laut menuju ke lokasi kejadian yakni koordinat 5p . 50’.430″ S – 134p .15’.089″ E.

Baca Juga: Listrik Jadi Kendala Fungsikan RPH Tawiri

Jarak kapal naas itu dengan Pelabuhan Yos Sudarso Dobo cukup jauh sehingga tim evakuasi baru tiba pada pukul 14.00 WIT. “Jam empat sore kapal kita, Teluk Ambon tiba di posisi 5p . 50’.430″ S – 134p .15’.089″ E dan mengevakuasi para penumpang dari KLM. Maisay sebanyak 40 orang dan kru ke kapal Teluk Ambon,” jelas Rasyid.

Setelah menempuh perjalan satu setengah jam, tim penyelamat akhirnya tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo dengan selamat.

Kapal Teluk Ambon yang membawa korban selamat bersandar dengan selamat di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo tepat pukul 15.30 WIT dengan selamat. Rasyid mecincikan 40 penumpang yang selamat itu terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang wanita serta 15 anak-anak.

Kapal ini sendiri dinahkodai oleh Nus Darakai (46) warga Desa Rebi, Kecamatan Aru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru. Kapal juga sudah dievakuasi ke Kota Dobo. “Setelah tiba, kita langsung melakukan pengece­kan kesehatan dari para penumpang dan kru, semuanya baik-baik saja,” tandasnya. (S-39)