AMBON, Siwalimanews – HUT Bhayangkara tahun ini, institusi kepolisian diinstruksikan terlibat aktif menangani Covid-19. Instruksi itu langsung dari Pre­siden, Joko Widodo secara virtual langsung dari Mabes Polri saat menghadiri HUT Bhayang­kara, Kamis (1/7).

Presiden mengingatkan jajaran Polri jangan lemah dalam menjaga keamanan negara, ketertiban dan penegakan hukum. Polri juga jangan pernah lengah dalam mem­berikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan negara, ketertiban masyarakat, dan penegak­kan hukum. Polri juga jangan pernah lengah dalam memberikan perlindu­ngan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,”pinta Presiden.

Presiden juga meminta anggota Polri agar berpacu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, agar tidak kalah dengan para pelaku kejahatan yang memberikan ancaman dan ketidaknyamanan masyarakat secara online.

Jokowi menginstruksikan agar  kewenangan  didukung oleh perkembangan teknologi yang mutakhir. “Untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan saat ini perlunya peningkatan sumberdaya manusia Polri yang unggul dengan memperhatikan secara serius sistem rekrutmen, pendidikan, dan promosi jabatan yang dilakukan secara transparan dan akuntabel guna mencari karakter yang sesuai dengan tugas-tugas Polri serta harus menguasai perkembangan Iptek terbaru,” kata Presiden.

Baca Juga: DPRD Ngaku APBD tak Mampu Biayai

Selain itu dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, Presiden meminta Polri membenahi dan memperkuat manajemen kelembagaannya, membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern.

Untuk diketahui, HUT Bhayangkara kali ini, Polda Maluku laksanakan secara virtual dan dipusatkan  di ruang rapat utama (Rupatama). Turut hadir Gubernur Maluku, Murad Ismail, Kasdam XVI Pattimura Ambon, Brigjen TNI Samuel P Hehakaya, Kajati Maluku, Rorogo Zega, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury dan Wakapolda Maluku, Brigjen Pol J.L de Fretes serta tamu undangan lainnya. (S-45)