AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandi Wattimena mengaku optimis, kontingen Maluku akan menambah pundi-pundi medali lagi di Pekan Olahraga Nasional XX Papua.

“Memang sampai dengan saat ini kita masih bertahan diposisi 20 perolehan medali dengan rincian, 4 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu, tapi kita masih optimis medali untuk Maluku akan bertambah,” ungkap Wattimena kepada wartawan, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (13/10).

Optimisme ini, kata Wattimena sangat berdasar, lantaran sampai dengan saat masih ada beberapa cabang olahraga yang memang atlet-atlet Maluku masih bertanding, sehingga kemungkinan besar masih akan bertambah medali bagi Maluku.

“Masih tersisa catur, tinju, kempo dan karate, kita berharap mendapatkan hasil terbaik,” ujar Wattimena.

Ia mengaku, KONI Maluku menargetkan 8 medali emas pada PON XX, tetapi hanya saja bila melihat dari perkembangan yang ada, ternyata itu diluar perkiraan, tetapi jika para atlet yang akan bertanding bernasib baik, maka kemungkinan target ini akan tercapai.

Baca Juga: Komisi I Minta Pembayaran Lahan Objek Wisata Pantai Liang Dipending

“Seharusnya bisa dibilang kita harusnya enam emas, karena pada cabang olahraga unggulan, khususnya lari 100 dan 200 meter yang mana Alvin Tehupeiory pemengang rekornya mengalami cidera, sehingga hanya bisa meraih medali emas pada nomor 400 meter putri, akibatnya kita gagal menggondol emas pada cabang olahraga itu,” jelasnya.

Selain itu dengan melihat capaian yang ada, Wattimena memastikan akan ada evaluasi terhadap seluruh proses yang telah berlangsung selama PON XX Papua, agar dikemudian hari, prestasi olahraga Maluku dapat bergerak naik.

“Yang pasti setelah ini kita akan evaluasi, agar prestasi kita dapat berkembang kedepannya,” ucapnya. (S-50)