AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Roby Salulette mengakui, masyarakat Kota Ambon, sudah mulai sadar tak parkir inap di badan jalan, maupun dalam gang-gang kecil di Kota yang berjargon ‘Manise’ ini.

“Selama ini ketika melakukan razia, kami sudah jarang temukan kendaraan yang parkir semalaman di badan jalan. Ini berarti kesadaran masyarakat sudah meningkat,” ungkap Sapulette, di Gedung Balai Kota, Selasa (2/12).

Dikatakan, selama pelaksanaan razia yang dilaksanakan tim dari Dishub, pihaknya jarang menemukan mobil yang terparkir di badan jalan, terlebih lagi didalam kawasan perkotaan justru sudah mulai nihil dari pandangan petugasnya.

Meski dalam proses yang dilakukan tersebut nihil akan angkutan yang diparkirkan di badan jalan, namun masih saja kedapatan satu atau dua kendaraan yang terparkiran hingga larut malam.

“Kendaraan yang kita temui itu, hanya satu atau dua saja. Itu juga, bukan karena mereka tidak tahu, kalau ada larangan parkir inap di Kota Ambon,” jelas Sapulette.

Baca Juga: Murad Minta ASN Tingkatkan Kinerja

Diakui Sapulette, yang sering kedapatan masih melakukan parkir inap itu, kebanyakan berada di kawasan perhotelan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan pelanggar tersebut merupakan tamu hotel, dan juga merupakan orang baru di Kota Ambon sehingga belum memahami terkait dengan aturan.

“Palingan hanya di depan hotel-hotel yang ada di Kota Ambon. Mereka tamu hotel sehingga mereka tidak tahu, jadi kalau parkiran didalam hotel sudah penuh, mereka parkir depan atau badan jalan,” terangnya.

Sapulette menegaskan, sampai dengan saat ini kesadaran masyarakat sudah sangat baik, sehingga dirinya berharap kesadaran tersebut tetap dipertahankan bahkan lebih dipertahankan, agar Kota Ambon tetap terlihat indah meski dimalam hari. (Cr-6)