DOBO, Siwalimanews – Kepala Dinas Kesehatan Aru YOE Uniplaita mengaku, sampai dengan hari ini jumlah kasus positif Covid-19 di kubuputen ini tercatat sebanyak 6 kasus.

Enam kasus positif tersebut, dengan rincian 5 pasien positif dan satu pasien telah dinyatakan sembuh.  Mereka yang terpapar ini berinisial NFA (37) perempuan, VP (38) laki-laki,  LOA (53) laki-laki serta LR (37) perempuan dan M (54) perempuan.

“Untuk satu pasien yang dinyatakan sembuh yakni pasien berinsial BS (57) berjenis kelamin laki-laki,” rinci Uniplaita dalam keterangan persnya di Aru, Rabu (30/9).

Ia menuturkan, pada 7 September, Gustu melalui RSUD Cendrawasih dan Dinkes telah melakukan pengambilan sampel swab terhadap 5 warga dan berdasarkan hasil pemeriksaan sesuai surat dari Dinkes Maluku Nomor 443.33/3726/Dinkes tertanggal 14 September, diketahui dari 5 sampel tersebut, 3 terkonfimasi positif, masing-masing NFA, BS dan VP.

Menindaklanjuti 3 kasus tersebut, maka Dinkes melakukan tracing terhadap kontak erat, dan didapatkan 47 orang lain yang kontak erat dengan ketiga warga yang positif ini.

Baca Juga: Kasus Covid di Maluku Makin Meningkat

“Kemudian pada 16 September pihak RSUD telah melakukan pengambilan 50 sampel swab lagi dikirimkan ke Dinkes Maluku untuk diperiksa dengan metode real time PCR termasuk follow up swab atas 3 (tiga) kasus sebelumnya,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang diterima dari Dinkes Maluku pada 29 September 5 diantaranya terkonflrmasi positif, masing-masing LOA, LR dan M, ditambah dengan NFA serta VP (Follow up swab).

“Sementara satu pasien follow up swab yakni BS, hasilnya negatif sehingga dinyatakan sembuh,” ucapnya. (S-25)