AMBON, Siwalimanews – Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur.

Selain itu akan dilantik pula pasangan Johan Gonga dan Muin Sogalrey sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru.

Kedua pasangan ini akan dilantik oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Jumat (26/2) siang di Lantai VII Kantor Gubernur.

Sumber Siwalimanews di Kantor Gubernur menyebutkan, awalnya proses pelantikan akan dilaksanakan secara daring, sesuai petunjuk dari Kemendagri.

“Belakangan sesuai hasil rapat proses pelantikan dilaksanakan secara langsung, tentu saja dengan protokol kesehatan yang diperketat,” ungkap sumber itu.

Baca Juga: Jaksa: Penatapan Tanaya Sebagai Tersangka Sesuai UU  

Sumber itu juga menambahkan, proses pelantikan dilakukan secara langsung, sebab ditakutkan saat proses pelantiukan terjadi gangguan jaringan internet.

“Tapi kita tunggu hasil finalnya, besok apakah dilakukan secara virtual atau secara langsung,” tutup dia.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Murad Ismail mengusulkan pelantikan dua bupati dan wakil bupati ke Menteri dalam negeri untuk disetujui.  

Dua nama bupati dan wakil bupati itu masing-masing, Johan Gonga-Muin Sugalrei serta Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur.

Usulan ini disampaikan gubernur, setelah Mahkamah Konstitusi membatalkan gugatan di dua kabupaten tersebut, untuk itu Pemprov Maluku harus mempersiapkan proses pelantikannya.

Kedua daerah ini diusulkan terlebih dahulu dikarenakan, masa jabatan kedua kepala daerah ini telah habis.

Sementara untuk di Buru Selatan masa jabatan kepala daerahnya baru akan berakhir di bulan Juni, sedangkan di MBD masa jabatan kepala daerah akan berakhir di bulan April nanti. (S-39)