AMBON, Siwalimanews – Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 1 Januari 2024, PT Pelni Cabang Ambon memprediksi terjadi lonjakan penumpang.

Demikian diungkapkan Kepala operasi Pelni cabang Ambon Mohammad Assegaf kepada wartawan di Ambon, Sabtu (9/12).

Assegaf menjelaskan, seiring berakhirnya pandemi Covid-19 yang telah dinyatakan sebagai epidemi pastinya akan diikuti dengan antusias masyarakat yang akan berlibur selama natal dan tahun baru 2024.

“Tahun ini kita prediksi akan ada peningkatan penumpang, makanya kita tambah armada termasuk dispensasi penambahan kapasitas penumpang,” ujar Assegaf.

Assegaf menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan penambahan dua armada yakni KM Ciremai dan KM Gunung Dempo guna mengcover kebu­-tuhan penumpang di Maluku.

Baca Juga: Pangdam Pattimura Ikuti Rapurna TMMD ke-44

KM Ciremai kata Assegaf biasanya tidak singgah ke Ambon, namun saat Nataru nantinya akan ditambah rute ke Ambon sebelum ke Sorong.

“Jadi KM Ciremai itu nantinya dari Bau-Bau menuju Ambon-Sorong-Manokwari- Jayapura-Biak-Manokwari-Jayapura-Biak-Sorong-Ambon,” jelasnya.

Sedangkan untuk KM Gunung Dempo dilakukan Deviasi Rute dari sebelumnya tidak menyinggahi Pelabuhan Ambon, kini rute KM Gunung Dempo menjadi Makassar- Ambon-Sorong-Manokwari.

Karenanya, Assegaf memastikan selama natal dan tahun baru terdapat 12 armada yang akan melayani masyarakat yakni KM. Labobar, KM. Dorolonda, KM Dobonsolo, KM Nggapulu, KM Tidar, KM Sirimau, KM Leuser, KM Tatamailau, KM Sanglang dan KM Pangrango. (S-20)