BULA, Siwalimanews – Menjalang perayaan Hari Raya Idul Adha, stok kebutuhan bahan pokok di Kota Bula dan sekitarnya, masih aman hingga beberapa bulan kedepan.

“Seluruh kebutuhan bahan pokok jelang Idul Adha alhamdullilah semua sudah tersedia. Artinya, stok kita mencukupi sampai selesai Idul Adha beberapa bulan kedepan,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Seram Bagian Timur Adam Rumbalifar kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Senin (19/6).

Rumbalifar juga mengaku, walaupun stok aman, namun beberapa kebutuhan pokok sempat mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, seperti  telur yang mana awalnya Rp50 ribu/rak, mengalami kenaikan menjadi Rp70 ribu/rak.

Namun kini, harganya sudah mulai mengalami penrunan dari Rp70 ribu/rak turun menjadi Rp65 ribu/rak. Ini berarti harga telur masih stabil, khususnya di dalam Kota Bula.

“Tapi untuk harga telur di daerah lain seperti Tutuk Tolo, Kian darat, bahkan sampai di Geser dan Gorom dan lainnya itu masih berkisaran Rp90 ribu/rak,” ujarnya.

Baca Juga: DPRD Ancam Proses Hukum Calo Pasar Baru

Lantaran di sjeumlah kecamatan harga kebutuhan pokok masih tinggi Kata Rumbalifar, maka dalam waktu dekta ini pemkab akan melakukan operasi pasar di Kecematan Tutuk Tolo maupun Kian Darat, untuk menetralisir harga telur dan beberapa kebutuhan pokok lain yang mengalami peningkatan.

“Dari hasil survey kami itu, pada daerah Tutuk Tolu sampai ke Kilmury, harga telur seperti ini karena memang mereka masih jual stok lama yang mereka beli dnegan harga yang tinggi,” ujarnya.

Sementara untuk daging menurut Rumbalifar, khusus d Kota Bula belum menjadi satu kebutuhan yang mendesak, tidak sama seperti kebutuhan pokok yang lain. Namun menjelang Idul Adha, biasanya kebutuhan hakan daging mengalami peningkatan. (Mg-1)