AMBON, Siwalimanews – Menjelang HUT TNI ke 77 pada 5 Oktober mendatang, maka prajurit Kodam XVI Pattimura, menggelar karya bakti, berupa pembersihan tempat ibadah secara serentak di Kota Ambon, Kamis (22/9).

Aksi bersih-bersih tempat ibadah ini dipimpin Kasiter Korem 151 Binaiya Kolonel Inf D C Soumokil. Sejumlah tempat ibadah yang dibersihkan antara lain, Masjid Raya Al Fatah, Gereja Maranatha, Gereja Santa Maria Bintang Laut, Vihara Swarba Giri Tirta dan Pura Siwa Stana Giri.

Karya baktu yang melibatkan kurang lebih 200 prajurit ini, tidak hanya melibatkan prajurit Kodam Pattimura, namun juga prajurit TNI AL, TNI AU, personel Polri, serta Pemkot Ambon, dan juga komunitas masyarakat. Selain tempat ibadah, aksi ini juga dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kapahaha, Ambon.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo menjelaskan, kegiatan aksi bersih-bersih tempat ibadah dan taman makam pahlawan tersebut sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menjelang HUT TNI ke77 tahun ini.

“TNI adalah Kita. Itulah tema yang diangkat pada HUT TNI tahun ini. Hari ini telah dilakukan karya bakti yang tujuannya selain menciptakan lingkungan yang asri, bersih, namun lewat kegiatan ini juga meningkatkan kekompakan antar prajurit TNI dan komponen masyarakat lainnya,” ujar Kapendam.

Baca Juga: Pemkot Gelar Simulasi Antisipasi Bencana

Kegiatan ini kata kapendam, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan menjelang HUT TNI 5 Oktober mendatang. Diketahui, selain aksi ini,   juga akan dilakukan aksi donor darah pada 23 September, pembersihan pantai tanggal 24 September, Maluku Fashion Week pada 25 September, dan  pameran alutsista TNI pada tanggal 1-2 Oktober di Lapangan Merdeka Ambon, yang nantinya menampilkan berbagai macam stand dan UMKM.

“Pameran alutsista nantinya menampilkan berbagai macam perlengkapan militer hingga kendaraan,” jelasnya.(S-25)