GUNA menjaga pasokan dan stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok dan penting strategis serta kemampuan daya beli masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah  menggelar operasi pasar.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan pemerintah untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok jelang hari hari besar keagamaan.

Kegiatan yang berlangsung di Pasar Binaya Masohi itu dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan, N Anakotta mewakili Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, Jumat (23/6).

Kepala wartawan, di sela-sela kegiatan  itu, Anakotta mengatakan, kegiatan  operasi pasar yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan itu adalah bentuk pelaksanaan  pengawasan terhadap komoditi yang mengalami kelangkaan stok.

“Objek pengawasan adalah komoditas yang mengalami fluktuasi harga menjelang Hari Raya Idul Adha 2023 yaitu, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng minyak merk kita,”cetusnya.

Baca Juga: Kadinkes: 4 RSU Pratama Dibahas Komisi IX DPR

Ditambahkan, selain melakukan pengawasan komoditas bahan makanan pihaknya juga melaksanakan pengawasan terhadap penyaluran Extra Dopping, bahan bakar Minyak Tanah menjelang Idul Adha 2023 oleh AMT pada pangkalan-pangkalan minyak tanah di Kota Masohi.

“Jadi sasaran pelaksanaan Operasi Pasar mengetahui titik distribusi penyebab harga jual bahan kebutuhan pokok dan penting strategis menjadi tinggi dan tidak sesuai dengan HET yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Lebih jauh mantan kadis Dukcapil Malteng ini menambahkan, langkah ini dilakukan untuk mengetahui kendala yang dihadapi distributor, agen maupun pedagang besar untuk pasokan komoditas kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga di Kota Masohi.

“Tentu langkah ini dilakukan sebagai bentuk penyiapan langkah-langkah antisipasi oleh pemerintah kabupaten melalui  dinas untuk memenuhi ketersediaan barang kebutuhan pokok dan penting lainnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023,” tandasnya.

Untuk diketahui, peserta Operasi Pasar menjelang HBKN Ramadan dan Idul Fitri 2023 selain dihadiri dan dipimpin Asisten II Sekda Kabupaten Maluku Tengah juga diikuti Kadis Perdagangan dan Perindustrian,Polres Maluku Tengah, Kejaksaan Negeri Masohi, Kodim 1502 Binaya/Masohi, Dinas Ketahanan Pangan,Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dan dinas Kominfo Malteng.

Dalam pelaksanaan kegiatan itu diketahui bahwa ketersediaan stok menjelang Hari Raya Idul Adha 2023 aman dan tersedia. Harga komoditas yang berfluktuasi seperti bawang merah dan bawang putih serta telur dipastikan stabil dalam 1 minggu ke depan.

Sementara itu untuk komoditas cabe baik cabe keriting dan cabe rawit masih berfluktuasi menyesuaikan dengan produksi dan pasokan dari sentra cabe di Kota Masohi, Kecamatan Amahai, dan Kec. Seram Utara Seti.

Tak hanya itu diketahui juga daerah sentra cabe Kobisonta lebih banyak menyuplai ke wilayah luar Kabupaten Maluku Tengah seperti Sorong, Fak Fak, Timika, dan Kota Ambon lewat Pelabuhan Kobisonta.

Secara umum harga yang ditawarkan oleh pedagang dari luar daerah lebih tinggi, dan biaya tranportasi ke Kota Masohi yang lebih besar sehingga petani cenderung memilih menjual ke luar Maluku Tengah.  Sedangkan komoditas minyak goreng subsidi Minyakita, diperkirakan mengalami kenaikan harga. Komunikasi yang dilakukan dengan pedagang eceran dalam pasar Binaya Masohi, bahwa harga Minyakita sudah naik di tingkat grosiran yang sebelumnya Rp. 185.000/karton menjadi Rp. 195.000 – 200.000/karton. (S-17)