JAKARTA, Siwalimanews – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantik Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Selasa (10/8), sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, menggantikan seniornya Letjen Agus Rokhmad, yang digeser ke Mabes TNI dalam rangka persiapan pensiun.

Bersamaan dengan itu, juga dilantik Mayjen Bambang Ismawan yang saat ini masih menjabat Asintel KSAD, sebagai Pangdam Pattimura, dilanjutkan dengan serah terima jabatan bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Kapendam XVI Pattimura, Letkol Arh Adi Prayogo memastikan pelaksanaan lepas sambut Pangdam, akan dilaksanakan setelah pertengahan bulan ini. “Jika tidak ada halangan pelaksanakan lepas sambut sendiri digelar di Makodam sekitar tanggal 20 Agustus “, tambah Kapendam.

Nantinya, dengan jabatan baru tersebut, Jeffry yang baru enam bulan menjadi Pangdam di kampung halamannya akan menyandang pangkat Letnan Jenderal.

Kogabwilhan III merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI. Pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019, tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Baca Juga: Pemprov Diminta Hentikan Pembayaran Lahan RSUD Haulussy

Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Biak, Papua, dengan wilayah darat meliputi Kepulauan Maluku, Papua, serta wilayah laut dan udara seperti di atas ditambah wilayah ALKI-3b dan sekitarnya.

Jeffy tercacat sebagai putera Maluku ke tiga di tubuh TNI yang berpangkat jederal bintang tiga. Jauh sebelumnya ada nama Letjen Leo Lopulissa yang saat itu menjabat Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkowilhan) III di Makassar dan Letjen Suaedy Marasabessy sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Satu lagi anak Maluku yang punya karir cemerlang di TNI adalah George Toisuta. Jenderal empat bintang itu terakhir memegang jabatan Kepala Staf TNI AD (KSAD), sejak 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011, pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (S-19)