AMBON, Siwalimanews – Pasangan calon Guber­nur dan Wakil Gubernur Maluku, Jeffry Apoly Ra­hawarin-Abdul Mukti Ke­liobas menawarkan Sem­bilan program unggulan untuk mensejahterakan masyarakat Maluku.

Sembilan program unggulan tersebut dice­tus guna menjawab visi dan misi menjadikan Maluku rumah besar yang sejahtera..

Mantan Pangdam XVI/Pattimura ini meng­ung­kapkan, Sembilan program unggulan disusun begitu sederhana tetapi memiliki daya dukung yang kuat untuk menjadikan Maluku yang lebih sejahtera.

“Kita punya sembilan program unggulan, kita buat lebih seder­hana agar mudah dicapai. Sebab kita tidak ingin menjanjikan yang hebat-hebat kepada masyarakat tapi ujung-ujungnya tidak dapat dicapai. Program unggulan ini berkaitan dengan tagline kami ‘Beta janji Beta jaga”, beber JAR sa­paan akrab Jeffry kepada Siwalima sebagaimana dikutib dari Siwalimenews, Senin (30/10).

Sembilan program unggulan pasangan JAR–AMK yaitu perta­ma, menurunkan angka kemiski­nan di Maluku.

Baca Juga: Bawaslu Putuskan Vanath tak Langgar Kampanye

Kedua, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Maluku melalui strategi investasi sebagai instrumen pusat ekonomi baru.

Ketiga, membangun industriali­sasi rumput laut dan kelapa, ke­empat mendirikan SMK Musik dan Pariwisata di Maluku.

Keempat, mengembalikan keja­yaan olahraga Maluku. Kelima, meningkatan layanan kesehatan sampai pada tingkat pemukiman.

Keenam, mendorong percepa­tan pembangunan infrastruktur untuk memperkecil kesenjangan antar daerah.

Ketujuh memberikan tunjangan kehormatan bagi guru mengaji, guru sekolah minggu/tuagama/marbot, pembimbing agama anak-anak lainnya di 1198 desa atau negeri.

Kedelapan, melaksanakan merit sistem melalui mekanisme Job Fit untuk mendapatkan ASN yang sesuai dengan Kemampuan dan Kompetensi dan kesembilan, membuat peta kerawanan sosial sebagai sistem peringatan dini (early warning system) melalui kelembagaan Rumah Kewang Jaga Damai (RKJD).

“Kondisi Maluku saat ini memang memerlukan percepatan maka sembilan program unggulan ini kami yakin akan menjawab semua persoalan Maluku,” tegas JAR.

Visi Besar

JAR juga mengatakan, Maluku rumah besar yang sejahtera menjadi visi besar yang diusung pasangan bersama calon wakil Abdul Mukti Keliobas.

Kata dia, visi besar pasangan JAR-AMK tersebut bertolak dari kondisi masyarakat Maluku saat ini yang masih jauh dari kesejah­teraan.

“Visi besar kita itu menjadikan Maluku rumah besar yang sejah­tera. Rumah besar ini bermakna sum­ber daya alam yang dimiliki Maluku, harus dapat membuat masyarakat menjadi sejahtera tanpa membedakan suku, agama dan kelompok masyarakat manapun,” ucap JAR.

Dijelaskan, untuk mencapai Maluku yang sejahtera maka harus ada perubahan-perubahan dalam semua aspek termasuk tata kelola pemerintahan yang selama ini belum dilakukan dengan baik.

JAR menegaskan untuk menca­pai visi besar tersebut, maka ter­dapat lima misi yang menjadi acuan pasangan JAR-AMK, dianta­ranya Pertama membangun ruang partisipatif melalui demokrasi ke­wargaan dalam semangat keakra­ban sosial dan berkarakter sosial religius yang menghargai prinsip orang basudara melalui penguatan kelembagaan formal dan informal.

Kedua, mengoptimalkan penge­lolaan sumber daya dan jasa kepulauan berkelanjutan untuk kesejahteraan rakyat.

Ketiga, mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan daerah yang akuntabel.

Keempat, memastikan terba­ngun­nya sistem sosial kemasya­rakatan yang adaptif dan kelima, mewujudkan percepatan pertum­buhan ekonomi guna menciptakan kemandirian ekonomi daerah de­ngan mendorong transisi ekonomi ke sektor industri dan jasa.

Kemandirian ekonomi daerah menurut JAR akan dicapai dengan mendorong penguatan sektor industri dan jasa termasuk UMKM dengan pelaku usahanya adalah masyarakat.

“Kenapa kedepan kita perlu mendorong ekonomi ke sektor industri dan jasa karena ruang fiskal yang begitu kecil maka kita perlu dorong masyarakat ke sektor industri dan jasa,” kata JAR.

Masyarakat tambah JAR, kedepannya harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah sehingga masyarakat akan semakin sejahtera sesuai dengan visi besar pasangan JAR-AMK.(S-20)