AMBON, Siwalimanwes – Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Maluku, Djati Cipto Kuncoro melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon, Jumat (12/1)

Kunjungan Kuncoro yang didampingi Ahli Muda Pengamat Meteorologi dan Geofiisika Yehezkiel Halawet itu diterima Plt Kadis Kominfo Ronald Lekransy di Command Center lantai IV Balai Kota Ambon.

Pada pertemuan itu, Kuncoro menjelaskan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi sekaligus diskusi terkait tugas dan fungsi BMKG serta pelayanan data dan informasi  kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat dibidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

“Kami juga mau mendiskusikan bagaimana kolaborasi bersama Dinas Kominfo dan Persandian dalam menyebarluaskan informasi peringatan dini kepada masyarakat,” ujar Kuncoro.

Pada 2020 lalu kata Lekransi, BMKG Stasiun Geofisika Klas I Ambon telah menyerahkan bantuan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, yaitu WRS NewGen kepada Pemerintah Kota Ambon.

Baca Juga: Mantan Kadis PU SBB Divonis 2 Tahun Penjara

“WRS NewGen dapat memberikan informasi gempa bumi secara cepat, sehingga memastikan pemangku kepentingan mengambil langkah cepat, dalam menangani bencana dan memberi manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari situasi bencana,” ucap Kuncoro.

Ia berharap, kedepan BMKG bisa bekerja sama dengan Pemkot Ambon untuk menampilkan titik rawan gempa dan mengkoneksikan sistem peringatan dini gempa di Maluku, dan info BMKG lainnya dengan Perangkat Command Center

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Ronald Lekransy, menyambut niat baik BMKG Maluku terkait publikasi informasi BMKG yang terintegrasi dengan Command Center Pemkot Ambon.

“Dengan demikian Dinas Kominfo akan mudah untuk membantu memberikan semua bentuk informasi yang mengancam keselamatan rakyat di kota ini,  dan berharap komunikasi yang baik ini ke depan dapat mendukung pelayanan informasi publik dalam mewujudkan Ambon Smart City,” bebernya

Lekramsi mengaku, penyebaran informasi bagi masyarakat dalam kaitan dengan ancaman dan kerentanan bencana adalah aspek prioritas, olehnya itu penyebarluasan informasi peringatan kebencanaan juga akan dilakukan melalui SMS Broadcast 08114706999 yang dikelola oleh Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon.(S-29)