AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku daerah pemilihan Kota Ambon Edison Sarimanella memberikan peringatan kepada Balai Wilayah Sungai Maluku agar segera melakukan penanganan terhadap ambruknya talud penahan ombak di sepanjang pantai Desa Laha hingga Desa Hattu.

Peringatan ini disampaikan Sarimanella kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (23/2) merespon kondisi abrasi disepanjang bibir pantai Negeri Laha menuju Negeri Hatu yang menyebabkan sebagian ruas jalan menjadi hancur.

Persoalan abrasi pantai tersebut sudah dari tahun lalu tetapi sampai dengan saat ini belum ada langkah apapun yang dilakukan oleh balai guna mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

“Abrasi diantara Laha dan Hatu itu sudah sangat parah, maka harus ada perhatian khusus dari BWS maupun BPJN untuk melakukan penanganan segera, kalau dibiarkan begitu maka jalan itu akan putus,” tendas Sarimanela.

Menurutnya, BWS dan BPJN tidak boleh menutup mata dari kondisi abrasi pantai yang terjadi, sebab ruas jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

Baca Juga: Demokrat Siap Pertahankan Kursi Ketua DPRD Tanimbar

Jika tidak ada perhatian BWS Maluku dan BPJN, maka dipastikan ketika musim barat tiba, ruas jalan tersebut akan putus dan melumpuhkan semua aktivitas masyarakat di sebagian jazirah Leihitu.

“Pihak balai harus melihat hal ini, jangan dibiarkan terus menerus, kalau musim barat lagi maka habis akses ke Maluku Tengah dan bila terputus, maka ekonomi masyarakat akan terganggu, jadi BPJN dan BWS tidak boleh tutup mata dengan kondisi ini,” tegasnya.(S-20)