AMBON, Siwalimanews – Jakson Rino Kore berhasil masuk dalam penghargaan top 6 best in tourism tingkat nasional pada ajang pemilihan Mister and Miss Grand Tourism Indonesia (MMGTI) 2022.

MMGTI merupakan kompetisi bergengsi untuk para generasi muda yang berfokus pada pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang diikuti oleh 47 finalis dari 26 provinsi di Indonesia yang berlangsung di Semarang 9-13 Februari.

Jakson Rino Kore tidak sendiri tetapi ada juga Sukma Hana NR Silawane. Jakson lebih banyak mempromosikan destinasi wisata di Tanimbar dan Kei, sedangkan Sukma mengadakan kampanye peduli disabilitas dengan menjual baju, kopi, dan minyak kayu putih.

“Rasa syukur kepada Tuhan dan dedikasinya terhadap Maluku. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya akan mewaliki Maluku,” kata Jakson kepada Siwalima melalui pesan WhatsApp, Minggu (20/2).

Jakson menceritakan bahwa dengan berada di jajaran top 6 MMGTI, akan memberikan kesempatan untuk bisa melaju pada ajang Internasional.

Baca Juga: Afifuddin Minta Pemkot tak Takuti Publik

“Semoga bisa diberikan kesempatan dari yayasan MMGTI  untuk membawa nama baik Indonesia” tuturnya.

Namun dibalik prestasi yang diraih di ajang MMGTI tidak ada campur tangan pemerintah sedikitpun. Mulai dari persiapan hingga kompetisi berlangsung tak ada pendampingan bahkan hanya respon setengah hati dari Pemprov Maluku.

“Beta berangkat dengan dana pribadi, beruntung ada support finansial dari the Natsepa Resort and Conference. Selama kegiatan urus diri sendiri, tapi beta bersyukur bertemu teman-teman finalis lainnya, dan setelah selesai kegiatan, ada regional director Papua Barat yang mau menerima beta untuk sementara waktu berada disini. Semoga setelah sampai Ambon ada respon baik dari pemerintah daerah,” ujarnya kecewa. (S-21)