AMBON, Siwalimanews – DPRD berharap agar Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena segera melantik Raja Naku definitif.

Semua proses administrasi, baik secara pemerintahan maupun adat untuk penentuan raja definitif sudah dinyatakan lengkap.

“Komisi I minta agar  penjabat walikota segera melantik Zadrak Gaspersz sebagai Raja Naku,” ujarnya Ketua Komisi 1 DPRD Kota Ambon Jafry Taihuttu kepada Siwalima di Ambon, Kamis (28/9)

Dikatakan proses pemilihan raja definitif Naku sudah beberapa kali dibahas oleh DPRD. Peraturan negeri menjadi rujukan patokan pemilihan sehingga saniri telah menyampaikan itu ke pemkot hasil keputusan rapat mata rumah.

Untuk itu pihaknya meminta agar segera ditindaklanjuti dengan melakukan pelantikan terhadap raja definitif. “Kami berharap Kepada Kabag Pemerintahan dan juga Ketua Tim Percepatan Pemilihan Raja Pieter Saimima dan juga Asis­-ten I, untuk segera lakukan konso­-lidasi yang maksimal menuju proses pelantikan dimaksud,” pintanya.

Baca Juga: Rakor KMA Digelar di Kepulauan Aru

Dia menambahkan, bahwa dalam proses sebelumnya, Penjabat Walikota juga telah melantik tiga raja definitif dan, Naku dari aspek persyaratan maupun prosedur juga dianggap cukup dan maksimal.

“Harus juga dapat dilakukan pelantikan,” tandasnya. (S-25)