AMBON, Siwalimanews – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementrian Dalam Negeri, Jan Maringka mengunjungi Desa Wermaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Rabu (23/11).

Kunjungan mantan Kajati Maluku itu untuk melakukan monitoring terhadap potensi kerbau Moa, yang merupakan plasma nutfah daerah Maluku, yang tersebar di Kepulauan Leti, Moa, Lakor, Kabupaten MBD Kerbau Moa telah mendapat perhatian dari Presiden RI Joko Widodo.

Irjen dengan tag line “Jaga Pangan Jaga Masa Depan” berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis dengan stakeholder. Hal ini diungkapkan Maringka dalam kegiatan dialog jaga pangan yang dilaksanakan di Pulau Moa.

Maringka menekankan, melalui fungsi pengawasannya akan memastikan bahwa program pemerintah melalui Kementerian Pertanian di Kabupaten MBD, khususnya pengembangan kerbau Moa, tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran untuk mewujudkan pertanian yang berkualitas dan pengembangkan  potensi daerah dalam menjaga ketahanan pangan.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini pengembangan kerbau Moa sebagai salah satu potensi daerah guna menjaga ketahanan pangan khususnya daging dapat terwujud. Hal tersebut tentu perlu didukung dengan adanya kolaborasi lintas sektor baik di pusat maupun daerah. (S-08)

Baca Juga: Bayar Hutang SMI, Pemprov Alokasi 136 Miliar