AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif gencar membangun silaturahmi dengan para tokoh-tokoh agama di Maluku.

Setelah sebelumnya menemui, Ketua Sinode GPM, Ketua NU dan pihak Keuskupan Amboina, kali ini Kapolda mengunjungi Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Maluku Wilhelmus Jauwerissa di Budha Center, Gunung Nona, Kota Ambon, Selasa (18/1).

Sama seperti tokoh agama yang sebelumbya dikunjungi, Kapolda mengaku, kunjungan dimaksud guna mempererat silahturahmi serta meminta dukungan Ketua Walubi untuk berkolaborasi dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Maluku.

“Sebagai pejabat baru, Saya menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh agama, dan kerja sama selama ini antara Polda Maluku dan Walubi sudah sangat baik,” ucap Kapolda.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu mengaku, pihaknya membuka ruang seluas-luasnya kepada para tokoh agama untuk bekerja sama dan berkolaborasi.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Kembali Hantui Perairan Maluku

“Silaturahmi ini menjadi awal kerja sama yang baik, dan saya sebagai Kapolda Maluku membutuhkan bantuan dari tokoh agama. Hal ini selaras dengan perintah Bapak Presiden kepada pimpinan Polri, bahwa Polri hadir sebagai solusi dan bukan masalah,” tandas Kapolda.

Sementara itu, Ketua Walubi Maluku Wilhelmus Jauwerissa, memberikan apresiasi kepada Polda Maluku yang telah memelihara situasi kamtibmas.

Jauwerissa juga menyatakan siap berkolaborasi dan mendukung setiap program Polda Maluku yang berdampak positif terhadap masyarakat.

“Kami mengapresiasi kinerja Polri dalam memelihara situasi kamtibmas, akan tetapi masih ada beberapa oknum yang ingin mencari celah untuk melakukan gangguan kamtibmas, untuk itu kami siap berkolaborasi agar situasi kamtibmas yang saat ini terjaga dapat dipertahankan,” tandas Jauwerissa. (S-45)