AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Pol, Baharudin Djafar melakukan kunjungan kerja ke tiga satuan kerja (satker) di Polda Maluku. Ketiga satker tersebut  yakni Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dan Direktorat Reserse Narkotika (Ditresnarkoba), Selasa (7/7).

Kunjungan kapolda pada tiga satker ini untuk meninjau langsung kinerja anggota pada masing-masing satker serta memberikan sejumlah arahan yang menjadi pedoman untuk meningkatkan efisiensi kinerja.

Kunjungan kapolda itu didampingi Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes dan sejumlah pejabat utama melakukan kunjungan awal ke Ditreskrimum yang bermarkas di Mapolda Maluku.

Dalam kunjungan tersebut kapolda menyampaikan ada tiga tujuan hukum yang menjadi pedoman untuk diberlakukan, yakni  rasa keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatannya yang harus dicapai, sehingga anggota punya harga diri dan dihargai masyarakat.

“Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain, Saya lebih percaya anggota dengan pangkat terendah dari pada pengusaha terkaya yang ada di Maluku,” tegas kapolda.

Baca Juga: Komisi I Panggil Camat dan Lurah Bahas Penyaluran Bansos

Pada kesempatan tersebut, kapolda juga memberikan apresiasinya bagi personil Ditreskrimum Polda Maluku, atas sejumlah prestasi yang ditoreh seperti  penangan kasus RMS serta terkait penanganan 3 kasus negeri yang bertikai.

“Ada beberapa prestasi yang dicapai, dan saya selaku kapolda ucapkan terimakasih, contohnya dalam penanganan kasus RMS semua tahapan dilalui dengan baik sampe sekarang yang sudah tahap II, selanjutnya penanganan 3 kasus negeri yang bertikai  sudah baik, namun harus pantau terus terkait gangguan kamtibmasnya,” pinta kapolda.

Usai memberikan arahan di Ditreskrimum, kapolda dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba di kawasan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe.

Tak berbeda dengan arahan di Ditreskrimum pada dua satker ini, kapolda mengajak seluruh personil untuk meningkatkan kinerja guna menumbuhkan kepercayaan masyarakat Maluku terhadap institusi kepolisian, dalam hal ini Polda Maluku.

“Harus kita perbaiki sistem kerja dari atas sampai ke bawah sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan profesionalisme terjaga sampai kapanpun dan untuk memperbaiki citra polri di Maluku. Ingat yang salah itu salah, yang benar itu benar jangan hanya karena pengaruh seseorang sehingga merubah profesionalisme kita dalam bekerja,” ucap kapolda.

Menurut kapolda, saat ini Kapolri Jenderal Idham Azis memuji kinerja Polda Lampung dengan ada 200 surat rehabilitasi bagi anggota yang terkena kasus narkoba atau sebagai pemakai dan pengguna narkoba. Ia berharap hal tersebut dapat dikaji guna diimplementasikan di Polda Maluku.

“Untuk itu Ditnarkoba harap dikoordinasikan dan dibicarakan agar ini bisa diterapkan di Polda Maluku,” pintanya. (S-45)