BULA, Siwalimanews – Guna pemerataan pembangunan, pemkab Seram Bagian Timur memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Persoalan Infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi pekerjaan rumah bagi sejak kabupaten ini didirikan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR SBT Abu Saleh Salampessy kepad Siwalima, mengaku ada sejumlah ruas jalan yang akan dibangun.

“Kita akan bangun jalan di Waisamet, Kecematan Bula Barat, jalan di Banggoi Pancoran dan jalan lingkar Amar Sekaru Kacamata Pulau Gorom,” terang Salampessy.

Selain itu pembangunan jalan juga akan dilakukan di Bea Sawit dan Jambatan Basa.

Baca Juga: Jelang Pilpres, Disdukcapil Ambon Turun ke Lapas

“Untuk tiga ruas jalan diatas kita bangun menggunakan dana DAK sedangkan di bea sawit menggu­nakan dana bagi hasil,” jelasnya.

Ia mengaku bahwa keinginan untuk membangun infrastruktur jalan tidak bisa dilakukan dengan baik karena terkendala anggaran.

Untuk pembangunan jalan lingkar Pulau Gorom lanjutnya itu menjadi tanggung jawab Balai Pelaksana Jalan Nasional.

Beberapa tahun terakhir ini kan dari provinsi seng pernah mau lihat terhadap berbagai macam kerusa­kan-kerusakan jalan terutama ja­lan lingkar Pulau Gorom,” kesal­nya.

Olehnya, itu lewat kebijakan pak bupat pihaknya dapatkan per­baikan jalan Lingkar Pulau Gorom dengan dana APBD.

Jadi seperti itu. Jadi katong tidak menunggu dari provinsi, jadi untuk tahun 2024 ini jalan Lingkar Pulau Gorom ini dia sudah jalan,” pungkasnya.

Sementara untuk jalan rusak dari Kota Bula tujuan ke Bandara Kufar ia menjelaskan itu kan merupakan status jalan nasional.

Sedangkan, ada juga jalan hotmit pintu masuk gerbang Pantai Wisata Gumumae, sampai di ujung tanjung berhadapan dengan Desa Sesar akan dibangun. (S-27)