AMBON Siwalimanews – Jaswin Kaur Dhillon yang akan mewakili Provinsi Maluku di ajang pemilihan Putri Indonesia tahun 2022 menyambangi Balai Kota Ambon, Rabu (2/3).

Kehadiran Jaswin di Balai Kota secara khusus untuk meminta restu serta dukungan dari pemerintah dan warga Kota Ambon kepada dirinya di ajang tersebut.

Selain meminta dukungan dari Pemkot Ambon, keberadaannya di kota ini juga untuk meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku.

Walikota yang didampingi Kadis Pariwisata serta Kadis infokom serta Kadis P3AMD dalam pertemuan tersebut, memberikan apresiasi atas keterwakilan Provinsi Maluku dalam ajang pemilihan Putri Indonesia tahun ini lewat diri Jaswin.

Menurutnya, meski tidak secara langsung berasal dari Kota Ambon, namun sebagai ibukota provinsi, Ambon dan Maluku tidak bisa dipisahkan.

Baca Juga: Pemkot Serahkan 18 Ribu Blanko KTP Elektronik ke Disdukcapil

“Karena Ambon merupakan bagian dari Provinsi Maluku, maka sebagai ibukota akan menunjang secara moril, sebab kehadiran Jaswin di ajang Putri Indonesia, maka semua akan melihat bahwa Maluku dan Ambon tidak bisa terpisahkan,” tandas Walikota.

Kepada Jaswin, Walikota mengingatkan agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, dengan menguasai potensi yang dimiliki oleh Maluku, baik secara geografis, demografi, hingga pariwisata, dan kultural.

“Jaswin harus menguasai potensi apa yang Maluku punya, bagaimana demografi kependudukan, soal Maluku lebih banyak wilayah laut daripada daratan, ini harus dikuasai semuanya. Ditambah lagi dengan potensi kultural dan pariwisata, misalnya Ambon dengan tagline city of music, Festival Meti Kei di Malra, Bupolo, budaya masohi, pela-gandong dan sebagainya juga harus tahu,” usul Walikota.

Menurut Walikota, bila ini tidak dikuasai, maka dalam ajang pemilihan Putri Indonesia akan berpengaruh pada penilaian juri terhadap Jaswin secara pribadi, bahkan merugikan Maluku sebagai daerah yang diwakili.

“Oleh sebab itu, dalam persiapan tersebut, Jaswin harus banyak membangun komunikasi dengan Pemda Maluku terkhususnya Dinas Pariwisata,” pinta Walikota.

Dengan persiapan yang matang, Walikota optimis, Jaswin akan meraih prestasi tertinggi di ajang pemilihan Putri Indonesia 2022.

“Saya optimis, kalau Jaswin mau mewakili Provinsi Maluku, paling tidak sudah punya hasrat dan tekad untuk belajar tentang Maluku, jadi referensi tentang Maluku harus diperbanyak. Selain aspek nasional dan internasional, aspek lokal juga harus dikuasai,” tandasnya

Sementara itu, Jaswin dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapannya berlomba dalam pemilihan Putri Indonesia. Bahkan meskipun dibesarkan di Jakarta, sejak kecil dirinya selalu memiliki obsesi untuk dapat memajukan Maluku, tanah kelahiran neneknya.

Jaswin Kaur Dhillon Wakil Maluku yang merupakan ‘nona’ berdarah campuran Jawa – Maluku dan India ini, memiliki pesona fisik dan inner beauty yang menawan. Selain itu, dirinya juga diketahui memiliki jiwa sosial yang tinggi dalam meningkatkan literasi di Maluku, sehingga difavoritkan oleh netizen meraih mahkota Putri Indonesia tahun 2022. (S-21)