NAMLEA, Siwalimanews – Perwira Seksi Teritorial ( Pasiter)  Kodim 1506 Namlea, Kapten Inf M Haris Tumenggung terus meyakinkan warga Buru tentang manfaat vaksin Covid-19.

Ia juga  menghimbau masyarakat yang sama sekali belum divaksin atau belum divaksin tahap II agar mendatangi pusat kegiatan vaksinasi TNI AD terdekat.

“Ada banyak manfaat vaksinasi Covid-19, diantaranya merangsang sistem kekebalan tubuh serta merangsang imun atau daya tahan tubuh seseorang setelah dia divaksin,” ucap Kapten Haris kepada wartawan di Namlea, Senin (28/2).

Manfaat lainnya kata Kapten Haris, tubuh seseorang yang telah divaksin juga, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurangi risiko terpapar.

Selanjutnya, dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka apabila sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

Baca Juga: 46 Santri Muftahul Khair Wisuda Tahfidz AlQuran

“Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah, maka herd immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19,” jelas Kapten Haris.

Untuk Kapten Haris mengharapkan,  masyarakat memiliki kesadaran bersama tentang pentingnya melakukan vaksinasi ditengah pandemi yang masih melanda daerah ini.

Sementara itu  Babinsa Desa Namlea,  Pelda Syamsuddin Pali yang memonitoring kegiatan vaksinasi di halaman Kantor Satpol PP Buru, bahwa  ada 17 orang yang menjalani vaksin pada hari ini, Senin (28/2).

“17 orang yang vaksin hari ini terdiri dari, 7 orang orang vaksin tahap II pakai vaksin Sinovac, 2 orang juga tahap II tapi pakai vaksin Pfizer, sementara 8 orang lainnya jalani vaksinasi tahap III yang gunakan vaksin  Astrazeneca,” rincinya. (S-15)